• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 19 Agustus 2022

Parlemen

Semangat Lestarikan Budaya, Gus Muhaimin Gelar Pertunjukan Ludruk

Semangat Lestarikan Budaya, Gus Muhaimin Gelar Pertunjukan Ludruk
Abdul Muhaimin Iskandar atau Gus Muhaimin saat pertunjukan ludruk di Ponorogo. (Foto: NOJ/ Istimewa)
Abdul Muhaimin Iskandar atau Gus Muhaimin saat pertunjukan ludruk di Ponorogo. (Foto: NOJ/ Istimewa)

Ponorogo, NU Online Jatim
Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar atau Gus Muhaimin menggelar pertunjukan ludruk dan menyapa masyarakat di Kabupaten Ponorogo, Ahad (19/06/2022) malam.


Masyarakat yang sudah haus hiburan semenjak pandemi Covid-19 melanda Indonesia, malam itu tumpah ruah di halaman Alun-alun Batarangin, Kabupaten Ponorogo, untuk menyaksikan langsung sosok Gus Muhaimin dari dekat.


Masyarakat pun menikmati hiburan ludruk dengan bintang tamu Kirun dan Kartolo. Tidak hanya penuh penonton, pedagang kali lima memadati sepanjang jalan menuju Alun-alun Batarangin, Ponorogo.


Gus Muhaimin mengatakan, pagelaran seni budaya seperti ludruk bukan hanya sekedar memberikan hiburan, namun sebagai upaya untuk melestarikan agar budaya yang dimiliki Indonesia tetap bertahan dan berkembang.


"Kita tidak boleh melupakan tradisi dan budaya kita. Selain bersilaturahim, kita semua kumpul di sini untuk nguri uri budaya dan tradisi. Tentu, kita semua sudah rindu panggung hiburan karena dua tahun dilanda pandemi," ujar Gus Muhaimin.


Cucu dari KH Bisri Syansuri ini pun mengajak masyarakat untuk bersyukur. Karena berkat shalawat virus Covid-19 mulai berangsur membaik, sehingga panggung hiburan dapat kembali digelar dan roda perekonomian kembali berputar normal.


Kepada para seniman dan penonton, Gus Muhaimin menyampaikan tentang tiga hal yang dapat menyelamatkan persatuan Indonesia, yakni agama, budaya, dan masyarakat yang bekerja keras.


"Selain agama dan masyarakat yang bekerja keras, seni budaya ini merupakan instrumen untuk dapat menyelamtkan persatuan bangsa. Kondisi sesulit apapun dengan seni dan budaya kita tetap guyub rukun bersatu padu satu sama lain," imbuhnya.


Selain itu, Wakil Ketua DPR RI tersebut juga berkomitmen untuk mendorong pemerintah agar lebih serius memperhatikan nasib seniman. “Sebab, seniman punya banyak jasa dalam menumbuhkan kebahagiaan masyarakat melalui hiburan,” pungkasnya.


Parlemen Terbaru