• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 6 Oktober 2022

Parlemen

Di Momen Lebaran, Gus Muhaimin Ajak Masyarakat Perkuat Persatuan

Di Momen Lebaran, Gus Muhaimin Ajak Masyarakat Perkuat Persatuan
Muhaimin Iskandar, Ketua Umum DPP PKB. (Foto: NOJ/gala)
Muhaimin Iskandar, Ketua Umum DPP PKB. (Foto: NOJ/gala)

Surabaya, NU Online Jatim

Di suasana Hari Raya Idul Fitri Ketua Umum DPP PKB, Abdul Muhaimin Iskandar mengajak umat Islam untuk bersatu dan terus membawa pesan damai kepada seluruh ummat manusia. 

 

Gus Muhaimin katakan, perdamaian sebetulnya adalah pesan moral yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Sebab, mengutip dalam sebuah hadis, umat muslim diibaratkan satu keseluruhan anggota tubuh, dimana jika satu sakit yang lain ikut merasakannya. Oleh karenanya, ia mengajak semua muslim bersatu dan berperan aktif bagi perdamaian dunia. 

 

"Apakah kita bisa berpangku tangan membiarkan saudara-saudara kita yang hidup di barak-barak pengungsian dengan seluruh keterbatasannya? Apakah kita juga berdiam diri melihat saudara kita tidur tidak nyenyak diantara dentum meriam, dan membiarkan itu terus terjadi dan terus terjadi?," kata Gus Muhaimin, Selasa (03/05/2022).

 

Kondisi perang yang saat ini terjadi di berbagai belahan dunia. Sebut saja yang baru-baru ini Rusia dan Ukraina betul-betul membuat keresahan dan berdampak negatif bagi banyak pihak. Khususnya pada sisi perekonomian dan kebutuhan pokok.

 

"Selama dua tahun lebih kita telah bersama pemerintah berjuang mengatasi bencana kesehatan dan krisis ekonomi. Tetapi seluruh perjuangan kita belum sampai tuntas, tiba-tiba kita dikagetkan oleh perang yang langsung mengganggu keadaan ekonomi dan tata dunia. Perang membuat ekonomi kita terpenjara, dunia menderita akibat kelangkaan pangan. Energi masa depan ekonomi menjadi suram akibat kenaikan harga-harga komoditas, dampaknya akan terlalu berat untuk hidup bagi seluruh umat manusia di dunia," jelasnya. 

 

Wakil Ketua DPR RI ini menuturkan bahwa masyarakat harus berpikir jernih dalam mengatasi sebuah problematika pelik. Perang bukan merupakan solusi ampuh dalam mengatasi permasalahan. Bahkan mendatangkan dampak kemelaratan yang begitu luar biasa. Ketimpangan kelaparan dan susahnya kebutuhan primer lainnya merupakan dampak pasti jika perang terjadi. Padahal banyak cara damai yang dapat dilakukan, seperti menempuh jalur perundingan diantara sesama negara.

 

"Perang harus dihentikan Masih banyak cara damai yang bisa ditempuh untuk mengatasi berbagai konflik antarnegara," tutur Gus Muhaimin. 

 

Sebagian negara penduduk muslim terbesar dunia, Indonesia masih memberikan perhatian bagi konflik Israel dan Palestina. Ia berharap PBB dapat segera menghentikan konflik tersebut. Penindasan yang menimpa warga Palestina tentunya sangat melukai warga muslim Indonesia.

 

"Sudah terlalu lama rakyat Palestina menangis dan menderita. Sudah saatnya anak-anak Palestina dijamin martabat dan masa depannya. Jangan lagi ada penindasan, diskriminasi, dan teror. Sampai hari ini tentu kita butuh langkah-langkah yang extra Ordinary langkah-langkah yang khusus agar Palestina bisa benar-benar merdeka," ungkapnya. 

 

Tidak hanya itu, sebagai bagian dari negara ASEAN, Gus Muhaimin juga menyinggung tragedi kemanusiaan yang ada di Myanmar. Ia berharap, negara tersebut dapet memberikan tempat dan kedamaian bagi etnis Rohingya. Memulihkan hak-hak mereka sebagaimana warga negara lainnya. 

 

"Kita perlu bersikap konflik harus diakhiri, dan perdamaian harus dipulihkan kembali. Warga rohingya dipulihkan hak-haknya sebagai warga negara. Pengungsi rohingya harus kembali ke rumah dan kampung halamannya. Karena Myanmar adalah negeri mereka tempat mereka lahir tempat mereka tumbuh dan tempat mereka berpulang dipanggil sang Ilahi," pungkasnya.


Parlemen Terbaru