• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 29 September 2022

Parlemen

Sudah 13 Jamaah Haji Terinfeksi Covid-19, Hikmah Bafaqih Ingatkan Prokes

Sudah 13 Jamaah Haji Terinfeksi Covid-19, Hikmah Bafaqih Ingatkan Prokes
Jamaah haji saat berjalan bersama. Foto: Istimewa
Jamaah haji saat berjalan bersama. Foto: Istimewa

Surabaya, NU Online Jatim

Komisi E DPRD Jatim meminta masyarakat untuk tetap waspada dan menerapkan protokol kesehatan (Prokes) saat melakukan ziarah haji kepada orang-orang yang baru pulang menunaikan ibadah haji. Sebab, hingga kini sudah ditemukan sebanyak 13 jamaah haji terinfeksi Covid-19 setelah dilakukan screening tes antigen dan PCR oleh petugas kesehatan di Bandara Internasional Juanda Sidoarjo.


Seperti diketahui, proses kepulangan jamaah haji asal Indonesia telah berlangsung sejak 15 Juli hingga 13 Agustus 2022 mendatang.


"Dalam proses pemulangan (debarkasi) jamaah haji asal Jatim hingga hari ini kami dapat informasi tercatat ada 13 orang jamaah haji asal Jatim yang dinyatakan positif Covid-19," kata Wakil Ketua Komisi E DPRD Jatim, Hikmah Bafaqih saat dikonfirmasi pada Selasa (19/07/2022).  


Politikus asal Malang ini meyakini, petugas  screening di bandara internasional Juanda telah memiliki pengalaman saat menangani pemulangan (deportasi) Pekerja Migran Indonesia (PMI) dari Malaysia sehingga standar operasional prosedur (SOP) penanganan Covid-19 sudah tertata dengan baik.


Meski demikian, ia tetap meminta masyarakat waspada terhadap penularan Covid-19 dengan mematuhi Prokes. Selain itu, masyarakat sebaiknya berhati-hati saat melakukan ziarah haji ke jamaah haji.


"Saya kira untuk jamaah haji tentu akan mendapatkan perhatian lebih. Setelah proses screening dilanjutkan dengan proses penapisan dan isolasi di Asrama Haji Sukolilo. Jadi untuk penanganan Covid-19, Jatim sudah punya pengalaman yang baik," beber mantan Ketua Pimpinan Wilayah (PW) Fatayat NU Jatim ini.


Terpisah, Sekretaris PPIH Asrama Haji Debarkasi Surabaya Abdul Haris membenarkan bahwa hingga kloter 6  proses pemulangan jamaah haji asal Jatim terdapat 13 orang yang  dinyatakan positif Covid-19 setelah dilakukan screening.


Dari 13 jamaah yang positif Covid-19 itu, lanjut Haris, 7 orang di antaranya dari kloter 1 dan kloter 2. Sedangkan 6 orang berasal dari kloter 3 dan kloter 4. "Bagi jamaah haji yang terkonfirmasi positif Covid-19, mereka akan melakukan isolasi terpusat di Dinkes kabupaten/kota masing-masing,” jelasnya.


Jemaah haji yang positif Covid-19 akan diantar dengan kendaraan yang telah disiapkan Pemprov Jatim. Sesuai arahan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, jamaah haji tetap menjaga kesehatan dan menerapkan prokes ketika menemui atau menerima tamu yang berkunjung.


"Pemprov Jatim memberikan layanan satu orang positif Covid-19 akan menggunakan satu kendaraan untuk kembali ke daerah asal. Selanjutnya menjalani prosedur isolasi di bawah pengawasan Dinas Kesehatan setempat. Sebagaimana SOP, lima hari ke depan setelah kedatangan dilakukan tes ulang,” beber Haris.


Kendati demikian, hingga saat ini tidak ada kendala bagi PPIH maupun Satgas Covid 19 yang menangani debarkasi jamaah haji. Semuanya sudah dilakukan persiapan dan koordinasikan dengan baik.


"Mulai dari kedatangan jemaah ketika mendarat di bandara kemudian keluar dari landasan, masuk ke asrama, sampai ketika penerapan pengecekan suhu, pemeriksaan seluruhnya," pungkas Haris.


Editor:

Parlemen Terbaru