• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 5 Juli 2022

Parlemen

Ubaidillah Meminta Pemerintah Perhatikan Kesejahteraan Insan Pers

Ubaidillah Meminta Pemerintah Perhatikan Kesejahteraan Insan Pers
Anggota DPRD Jawa Timur, Ubaidillah. (Foto: NOJ/A Toriq). 
Anggota DPRD Jawa Timur, Ubaidillah. (Foto: NOJ/A Toriq). 

Surabaya, NU Online Jatim
Tepat hari ini, Rabu (09/02/2022) diperingati sebagai Hari Pers Nasional (HPN). Dan ada salah satu yang menjadi perhatian adalah pelaku jurnalis untuk terus menaikkan integritasnya. 
 

Harapan demi harapan mengalir kepada para jurnalis di hari HPN ini. Tak terkecuali dari anggota DPRD Jawa Timur, Ubaidillah. 
 

"Selamat Hari Pers Nasional bagi insan pers di mana pun berada. Doa dan semangat kami berikan demi keberlangsungan pemberitaan dengan kredibilitas," kata anggota Fraksi PKB ini.
 

Ubaidillah yang juga Ketua Garda Bangsa Jawa Timur mengatakan, di dunia yang serba digital ini dan semua orang dapat mengaksesnya, pers menjadi garda utama dalam pemberantasan hoaks. Dengan demikian kehadirannya menjadi penyaji informasi yang valid, aktual, dan berimbang. 
 

"Ini menjadi kunci, kami sebagai pembaca tetap mendengar kabar yang benar. Menikmati tulisan yang valid, tanpa takut terombang-ambing dengan kabar bohong," ungkapnya.
 

Lebih lanjut, politisi dari daerah pemilihan IV (Bondowoso, Situbondo, dan Banyuwangi) ini pun meminta pemerintah agar terus memperhatikan kesejahteraan pekerja media. Saat ini harus diakui kesejahteraan pekerja media masih menjadi pekerjaan rumah besar. Karena banyak wartawan yang hidup dengan kesejahteraan ala kadarnya. 
 

“Pemerintah bisa bekerja sama dengan perusahaan media, merumuskan perlindungan dan jaminan kesejahteraan hidup bagi para pekerja media. Kami yakin jika kesejahteraan pekerja media baik maka kualitas jurnalisme di Tanah Air juga akan makin baik,” harapnya.
 

Puncak perayaan Hari Pers Nasional 2022 digelar di halaman Kantor Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Kota Kendari, Rabu (09/02/2022). Presiden Joko Widodo atau Jokowi hadir secara virtual pada perayaan ini.
 

9 Februari merupakan tanggal berdirinya Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) pada 1946 silam di Surakarta dan menjadi organisasi wartawan pertama di Indonesia.
 

Pada sambutannya, Presiden Jokowi menyinggung soal kebebesan pers dan jaminan perlindungan terhadap profesi wartawan. Jokowi menilai sebuah roda pemerintahan membutuhkan kritik saat menjalankan kebijakan dari para insan pers.
 

"Agar seluruh jajaran pemerintah dari pusat sampai ke daerah dan desa bekerja dalam frekuensi yang sama, visi yang sama untuk negara kita untuk Indonesia maju," kata Jokowi.


Editor:

Parlemen Terbaru