• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 18 Agustus 2022

Pemerintahan

Bawaslu Kabupaten Blitar Buka Lowongan 2.278 Pengawas di TPS

Bawaslu Kabupaten Blitar Buka Lowongan 2.278 Pengawas di TPS
Pengumuman Rekrutmen Pengawas TPS (NUOJ/Hum)
Pengumuman Rekrutmen Pengawas TPS (NUOJ/Hum)

Blitar, NU Online Jatim

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Blitar, membuka merekrut 2.278 pengawas di Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang bertugas pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Blitar Tahun 2020.

 

“Saat ini masih tahap penjaringan, sedangkan untuk pendaftaran dimulai pada 3-15 Oktober 2020,” kata Nur Ida Fitria, Koordinator Divisi Organisasi dan Sumber Daya Manusia Bawaslu Kabupaten Blitar Rabu (1/10/2020).

 

Ia mengakui banyak yang berminat untuk menjadi pengawas TPS. Untuk menghadapi perekrutan tersebut, Bawaslu sudah memberikan arahan kepada panwas kecamatan agar perekrutan dilakukan dengan jujur dan terbuka.

 

Ida menyebut persyaratan menjadi pengawas TPS sudah baku, misalnya harus warga negara Indonesia (WNI), berdomisili di desa setempat, usia paling rendah 25 tahun, setia kepada Pancasila, UUD, Bhineka Tunggal Ika cita-cita Proklamasi, tidak pernah dipidana. Untuk pendidikan minimal sudah tamat SMA atau yang sederajat.

 

Selain itu, calon tersebut juga harus menyiapkan sejumlah berkas misalnya salinan KTP, salinan ijazah SMA, surat keterangan sehat dari puskesmas, maupun foto berwarna. Pengumuman pendaftaran dimulai pada Rabu (30/9/2020) dan telah ditempelkan di kantor desa, dan kantor kecamatan se-Kabupaten Blitar.

 

“Mereka juga harus mengetahui hal kepemiluan. Yang penting, bukan anggota ataupun pengurus partai politik,” ujar Ida.

 

Ida menambahkan, informasi pendaftaran telah tersebar di media sosial resmi Bawaslu Blitar dan panwaslu kecamatan. Untuk teknis pendaftaran, para calon pengawas TPS bisa langsung mendatangi kantor Panwaslu Kecamatan terdekat domisilinya.

 

“Bisa juga mencari informasi lewat pengawas kelurahan/desa,” pungkasnya.

 

Editor: Rofi'i Boenawi

 


Pemerintahan Terbaru