• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 22 April 2024

Pendidikan

120 Siswa SMA di Mojokerto Kunjungan ke Kampus Unesa

120 Siswa SMA di Mojokerto Kunjungan ke Kampus Unesa
Pemberian cinderamata Kepala Sekolah SMAN 1 Kutorejo ke Kepala Satuan Admisi Unesa. (Foto: NOJ/humas)
Pemberian cinderamata Kepala Sekolah SMAN 1 Kutorejo ke Kepala Satuan Admisi Unesa. (Foto: NOJ/humas)

Surabaya, NU Online Jatim

Menjelang pembukaan seleksi penerimaan mahasiswa baru, Universitas Negeri Surabaya (Unesa) kembali mendapatkan kunjungan dari Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Kutorejo, Kabupaten Mojokerto di Auditorium lantai 4, Gedung T14 Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), Kampus Lidah Wetan, Surabaya, Selasa (10/01/2023).


Kepala Sekolah SMAN 1 Kutorejo, Drs. Ahmad Setyawan, M.Pd. mengatakan membawa rombongan yang terdiri dari 120 siswa dan 8 guru. Dirinya ingin mendapatkan informasi seputar alur tes, seleksi, dan tingkat keketatan persaingan masuk Unesa.


“Serta mempersiapkan langkah dan upaya siswa agar termotivasi meneruskan pendidikan ke perguruan tinggi negeri, khususnya di Unesa,” ucapnya.


Rombongan tersebut disambut Koordinator Pokja Akademik BAKPK Unesa, Budi Jarwanto, M.Pd., Kepala Satuan Admisi Unesa Dr. Sukarmin, M.Pd., Ketua Divisi Dokumentasi dan Layanan Informasi Humas Unesa Muhammad Ariffudin Islam, S.Sn. M.Sn., beserta jajarannya.


Kepala Satuan Admisi Unesa, Dr. Sukarmin, M.Pd. memberikan informasi berbagai jalur masuk perguruan tinggi yang terdiri dari jalur nasional yaitu Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) dan Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT), terakhir jalur mandiri atau SPMB.


Perlu diketahui, daya tampung SNBP sebesar 20%, SNBT sebesar 30%, dan Mandiri atau SPMB sebesar 50%. Karmin menjelaskan jadwal pelaksanaan seleksi penerimaan mahasiswa baru, yaitu: SNBP 2023 dimulai pada 16 Januari-15 Februari 2023 (Pembuatan akun SMPMB-BPPP).


Pada 03 Januari- 08 Februari (Penetapan Siswa Eligible oleh sekolah). Pada 09 Januari-09 Februari (Pengisian PDSS). Selanjutnya, pada tanggal 14-28 Februari 2023 (Pendaftaran SNBP), dan pengumuman hasil SNBP pada 28 Maret 2023.


“Kami berharap siswa-siswi mempersiapkan diri dan nilai sebaik-baiknya, serta masih memiliki kesempatan untuk memperbaiki nilai yang kurang di semester 4 dan 5. Unesa ini unggul dalam tiga bidang, yaitu seni, olahraga, dan disabilitas,” terangnya.


Ketua Divisi Dokumentasi dan Layanan Informasi Humas Unesa, Muhammad Ariffudin Islam, S.Sn. M.Sn. mengatakan, jika hendak memilih program studi nantinya harus dipikirkan matang-matang dan sesuai minat atau bakat.


“Ketika saya mengambil suatu program studi, saya akan bersaing dengan beberapa orang, itu harus dipersiapkan juga,” ujarnya.


Usai pemaparan materi, peserta dan guru melontarkan pertanyaan mengenai persyaratan dan kiat-kiat untuk mengikuti berbagai jalur masuk perguruan tinggi. Acara diakhiri dengan penyerahan cinderamata dari Kepala Sekolah SMAN 1 Kutorejo, Kabupaten Mojokerto ke Ketua Admisi Unesa dan begitupun sebaliknya, lalu ditutup dengan sesi foto bersama.


Pendidikan Terbaru