• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 28 Januari 2023

Pendidikan

Dosen Unusa Gelar Pelatihan Senam Peregangan Otot untuk Para Pekerja

Dosen Unusa Gelar Pelatihan Senam Peregangan Otot untuk Para Pekerja
Pelatihan enam peregangan otot untuk para pekerja oleh Dosen Unusa. (Foto: NOJ/humas)
Pelatihan enam peregangan otot untuk para pekerja oleh Dosen Unusa. (Foto: NOJ/humas)

Surabaya, NU Online Jatim
Lima dosen Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) menggelar pelatihan senam peregangan otot untuk mengurangi keluhan nyeri punggung pada pekerja. Banyak pekerja yang menghabiskan waktunya dengan duduk berjam-jam, kondisi ini yang membuat pekerja sering mengalami nyeri punggung yang dialami pekerja Kelompok Usaha Bersama (KUB) Mampu Jaya.


Lima dosen yang melaksanakan pengabdian masyarakat ini antara lain Friska Ayu, S.KM.,M.KKK, Moch.Sahri ,S.KM.,M.KKK, Muslikha Nourma Rhomadhoni,S.KM.,M.Kes, Octavianus Hutapea,S.T.,M.KKK dan dr. Aisyah.


Salah satu Dosen Unusa, Friska Ayu, S.KM.,M.KKK mengatakan, sebagian besar pekerja mengeluhkan sakit atau nyeri pada beberapa bagian tubuh seperti pinggang, punggung, pundak dan kaki setelah bekerja. Dari hasil pengamatan kursi pekerja dinilai tidak ergonomic yang merupakan salah satu penyebab para pekerja merasakan keluhan tersebut.


“Sehingga dilaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan tema ‘Teknik Peregangan Otot’ untuk mengurangi keluhan nyeri punggung pada pekerja dengan senam seperti saat ini,” katanya.


Menurutnya, pencegahan nyeri punggung ini dilakukan secara gembira, tidak hanya dengan pemberian edukasi terkait penyebab terjadinya nyeri punggung, tata cara pencegahan agar tidak merasakan nyeri punggung saja. Akan tetapi mengajak para pekerja bersama-sama untuk mengikuti gerakan senam sehat dengan nama senam peregangan otot.


“Ini kami lakukan untuk mengurangi keluhan nyeri punggung pada pekerja di KUB Mampu jaya, selain itu dibagikan juga bantal pengganjal punggung bagi pekerja agar bisa mengurangi keluhan nyeri punggung,” terangnya.


Selain itu, kegiatan ini tidak hanya sampai di edukasi saja, tetapi perlu upaya monitoring dari pihak puskesmas setempat mengingat KUB Mampu Jaya merupakan salah satu sektor usaha yang menjadi Pos Usaha Kesehatan Kerja (UKK).


Pendidikan Terbaru