• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 10 Desember 2022

Pendidikan

FEB Unisma Bersama Para Alumni Siapkan Upaya Program Inovatif

FEB Unisma Bersama Para Alumni Siapkan Upaya Program Inovatif
Dekan FEB Unisma, Nur Diana bersama para alumni dalam acara talkshow. (Foto: NOJ/Tugumalang)
Dekan FEB Unisma, Nur Diana bersama para alumni dalam acara talkshow. (Foto: NOJ/Tugumalang)

Malang, NU Online Jatim
Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Islam Malang (Unisma) melaksanakan koordinasi bersama para alumni yang tersebar dalam berbagai perusahaan, baik berskala nasional maupun Internasional yang tergabung dalam Student Alumni Experince Program (SAMEP).


Program ini untuk meningkatkan berbagai program inovatif bagi calon lulusan guna meningkatkan daya saing lulusan berskala Internasional. Diskusi dan masukan oleh alumni Akuntansi, Akhmad Muslih yang sekarang menjadi Auditor Internal Kementerian Pertanian Republik Indonesia.


Acara yang dikemas secara santai dalam bentuk talkshow dihadiri segenap jajaran pimpinan FEB Unisma dan ara alumni sebagai mentor dalam program SAMEP, Sabtu (24/09/2022).


Dekan FEB Unisma, Nur Diana menyampaikan kepada para mentor SAMEP yang notabene para alumni agar berkontribusi dalam meningkatkan daya saing lulusan FEB Unisma. Berbagai upaya gerakan inovatif telah dilakukan FEB Unisma dalam meningkatkan kualitas lulusan guna mendukung SDM Unggul di era 4.0.


“Kita lihat di big data alumni terkait tingkat relevansi lulusan menunjukkan peningkatan relevasi lulusan dengan dunia industry. Tetapi ini tidak menjadikan FEB Unisma puas, kita mencari beberapa keterbatasan-keterbatasan dalam penyiapan lulusan berdaya saing sehingga kami butuh masukan dan upaya program inovatif,” katanya.


Menurutnya, dengan launching program SAMEP, sudah banyak alumni yang sukses di berbagai perusahaan multinasional maupun nasional ikut bergabung mensukseskan program tersebut.


“Saat menjadi mahasiswa, bergabunglah ke dalam organisasi, bangun jaringan dan pertemanan, coba hal baru serta senantiasa mengingat tujuan awal sebagai mahasiswa adalah menyelesaikan kuliah. Bergabung di organisasi boleh, tetapi utamakan perkuliahan,” terangnya.


Pihaknya berharap, talkshow ini selain untuk merekatkan juga untuk meminta masukan-masukan untuk meningkatkan kualitas lulusan semua. Dunia semakin maju, tingkat kompetisi lulusan semakin ketat sehingga hanya SDM unggul yang mampu beradaptasi dan bertahan dalam persaing di dunia usaha dan dunia kerja.


"Melalui sharing pengalaman alumni yang telah sukses di berbagai perusahaan multinasional, kami berharap untuk ditularkan kepada adik-adik calon lulusan,” tandasnya.


Pelaksanaan Talkshow ini banyak memberikan sumbangsih berupa sharing pengalaman alumni, kebutuhan dunia bisnis akan kompetensi sumberdaya manusia yang dibutuhkan, memberikan ide-ide kreatif serta masukan yang sangat berharga dan bermanfaat untuk penguatan jejaring alumni FEB Unisma.


Di antaranya untuk peningkatan kualitas big data alumni, pemetaan potensi alumni yang ada di berbagai perusahaan multinasional di tiap daerah serta peningkatan sinergi antar alumni dan alumni dengan almamater,  dalam rangka tindak lanjut kerja sama nyata alumni dengan FEB Unisma melalui program SAMEP.


Pendidikan Terbaru