• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 10 Desember 2022

Pendidikan

FEB Unisma Opening Brevet Pajak 2022 untuk Rakyat

FEB Unisma Opening Brevet Pajak 2022 untuk Rakyat
Suasana seminar nasional pajak untuk rakyat FEB Unisma. (Foto: NOJ/Tugumalang)
Suasana seminar nasional pajak untuk rakyat FEB Unisma. (Foto: NOJ/Tugumalang)

Malang, NU Online Jatim
Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Islam Malang (Unisma) menggelar Seminar Nasional dan Opening Brevet Pajak 2022 bertajuk ‘Pajak Untuk Rakyat’, Selasa (27/09/2022).


Hadir sebagai narasumber Ketua Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) Kompartemen Akuntan Pajak, sekaligus menjabat sebagai Kepala Kantor Wilayah DJP Jawa Timur (Jatim) 1 Prof. Dr. Poltak Maruli John Liberty Hutagaol, S.E Ak.,M.Acc.,M.Ec (Hons).,CA.


Brevet Pajak 2022 merupakan bentuk implementasi kerja sama FEB Unisma dengan IAI wilayah Jatim Komisariat Malang Raya, yang mana dalam implementasinya melibatkan Himaprodi Akuntansi FEB Unisma dengan mengusung Tema 'Creating A Generation Of Competent and Competitive Accountants'.


Dalam sambutannya, Dekan FEB UNISMA, Nur Diana SE, MSi mengatakan, salah satu syarat seorang untuk dapat menjadi kuasa bagi perusahaan dalam memenuhi hak dan kewajiban perpajakannya adalah telah memiliki sertifikat brevet di bidang perpajakan.


“FEB Unisma bekerja sama dengan IAI Jatim sebagai lembaga kursus Pelatihan Brevet Pajak menyelenggarakan Pelatihan Brevet Pajak Terpadu A & B (Plus),” ujarnya.


Menurutnya, pelatihan Brevet Pajak ini sangatlah penting bagi mahasiswa, karena ketika lulus mahasiswa harus mempunyai keahlian agar dapat bersaing di dunia kerja, khususnya keahlian di bidang perpajakan. Dalam hal ini ditunjukkan sertifikat kompetensi keahlian Brevet Pajak A & B yang bertaraf nasional.


"Apalagi dalam implementasi kampus merdeka dunia pendidikan tinggi harus bersinergi dengan asosiasi profesi IAI memberikan masukan dalam kurikulum maupun sertifikasi kompetensi keahlian" tuturnya.


Sementara itu, Ketua IAI wilayah Jatim Komisariat Malangraya, Prof. Dr. Hj. Pujihandayati, S.E., Ak., M.M., CA., CMA mengapresiasi langkah kerja sama yang sudah terjalin dengan FEB Unisma. Mahasiswa akuntansi yang memiliki kompetensi bidang perpajakan senantiasa melekat pada program jurusan akuntansi.


''Kegiatan ini sangat penting untuk menjawab tuntunan masyarakat dan dunia industry terkait dengan kompetensi untuk alumni mahasiswa akuntansi,'' katanya.


Pada acara kegiatan seminar nasional yang dipaparkan Prof. Dr. Poltak Maruli John Liberty Hutagaol, S.E Ak.,M.Acc.,M.Ec (Hons).,CA, memaparkan banyak hal. Seperti karakteristik pemungutan pajak, admin penerimaan pajak, peran dan fungsi pajak, serta masih banyak lagi materi-materi yang juga berperan sebagai penunjang mahasiswa FEB Unisma.


“Terkhusus jurusan akuntansi untuk menempuh brevet pajak serta menjelaskan secara detail apa saja tentang brevet pajak ini,” pungkasnya.


Pendidikan Terbaru