• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 15 Agustus 2022

Pendidikan

Perkuat Akademik, UIN Malang Jalin MoU dengan UiTM Malaysia

Perkuat Akademik, UIN Malang Jalin MoU dengan UiTM Malaysia
Perkuat akademik, UIN Malang jalin MoU dengan UiTM Malaysia. (Foto: NOJ/Humas UIN)
Perkuat akademik, UIN Malang jalin MoU dengan UiTM Malaysia. (Foto: NOJ/Humas UIN)

Malang, NU Online Jatim
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang menjalin kerja sama nota kesepahaman Memorandum of Understanding (MoU) dengan Universitas Teknologi MARA (UiTM) Malaysia dalam bidang pertukaran institusional, penerimaan mahasiswa pascasarjana dan sarjana, simposium, konferensi dan penelitian, Rabu (29/06/2022).


Rektor UIN Malang, Prof. Zainuddin menyampaikan bahwa kerja sama ini merupakan kehormatan besar bagi UIN Malang dan sudah berlangsung sejak tahun 2006 dengan beberapa kali pembaruan MoU.


"Kolaborasi memang sangat penting utamanya di era saat ini seperti menjadi sebuah niscaya untuk kebaikan bersama di masa depan," katanya.


Menurutnya, UIN Malang telah menjalin kerja sama dengan lebih dari dua puluh enam institusi di seluruh dunia mulai dari negara-negara di Amerika, Eropa, Afrika, Timur tengah, Australia, dan Asia khususnya Asia Tenggara.


"Tentunya UIN Malang mengharapkan inisiatif dan kerja sama yang bermanfaat untuk peningkatan akademik maupun kelembagaan semua pihak," ucapnya.


Sementara itu, Dekan Fakultas Syariah UIN Malang, Dr Sudirman Hasan selaku tuan rumah MoU kali ini menambahkan, bahwa telah banyak buah hasil kerja sama yang di dapatkan baik bagi UIN Malang sendiri maupun pihak instansi luar.


"Salah satu yang eksis hingga saat ini di bidang syariah adalah adanya lembaga zakat El Zawa di UIN Malang," terangnya.


Target kerja sama ke depan meliputi pertukaran riset antar dosen dan pertukaran mahasiswa. Instansi yang memiliki kesamaan visi harus berkolaborasi semacam ini dengan harapan meningkatkan kerja sama untuk kualitas lebih baik di masa depan.


Pendidikan Terbaru