• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 29 Mei 2024

Pendidikan

Tips dan Kiat Lolos PPG Prajabatan Unisma menurut Alumni

Tips dan Kiat Lolos PPG Prajabatan Unisma menurut Alumni
Yudisium dan pembekalan guru PPG Unisma beberapa waktu lalu. (Foto: NOJ/ ISt)
Yudisium dan pembekalan guru PPG Unisma beberapa waktu lalu. (Foto: NOJ/ ISt)

Malang, NU Online Jatim

Alumni Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan Universitas Islam Malang (Unisma), Vidiya Safitri berbagi tips dan kiat agar lolos seleksi PPG. Menurutnya, PPG akan membantu calon pendidikan untuk meningkatkan kompetensi sekaligus jenjang karier mereka sebagai seorang guru profesional.

 

Perempuan yang menyelesaikan program PPG Prajabatan Unisma periode 2022-2023 itu mengatakan, banyak manfaat yang diperoleh sebagai seorang guru setelah mengikuti program PPG Prajabatan Unisma, salah satunya adalah peningkatan kompetensi pedagogi.

 

Seperti diketahui empat kompetensi yang harus dimiliki seorang guru profesional meliputi kompetensi pedagogis, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional.

 

“PPG dapat membantu kita untuk meningkatkan empat kompetensi guru, terutama kompetensi pedagogi,” kata Vidiya dilansir Tugumalang.id, Senin (22/04/2024).

 

Tidak hanya memberi manfaat bagi lulusan pendidikan, PPG menurut Vidiya juga dapat membantu lulusan non pendidikan untuk mendapatkan lisensi mengajar dan tetap bisa menjadi guru.

 

“PPG ini dapat membantu teman-teman mendapatkan lisensi untuk mengajar. Jadi, lulusan non pendidikan tetap bisa menjadi guru,” jelasnya.

 

Sementara dari jenjang karier, bagi guru yang telah mengantongi sertifikat PPG akan lebih diprioritaskan untuk bisa naik menjaga Pegawai Negeri Sipil (PNS) maupun Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

 

“Sertifikat (PPG) tersebut nantinya dapat digunakan untuk mendaftar PPPK. Jika mendaftar PPPK dengan Serdik (Sertifikat Pendidik), maka nilai teknis otomatis menjadi 450 atau nilai maksimal,” ungkap lulusan S1 di Prodi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah Univeritas Negeri Malang (UM) itu.

 

Vidiya pun membagikan kiat kepada lulusan S1 bidang pendidikan atau guru yang ingin mendaftar program PPG Prajabatan. Menurutnya yang paling penting adalah kesiapan psikologis dan kedisiplinan waktu dalam menyiapkan berkas-berkas pendaftaran PPG yang diminta.

 

“Hal mendasar yang perlu dilakukan adalah meyakinkan diri sendiri. Saat perkuliahan dimulai, kegiatannya cukup padat sehingga butuh keberanian untuk mengambil risiko. Seperti teman-teman yang sudah menikah mungkin akan kehilangan banyak waktu bersama keluarga,” papar Vidiya.

 

Untuk bisa lolos program PPG Prajabatan, baginya yang penting adalah melakukan persiapan sebaik mungkin seperti banyak berlatih materi-materi yang diujikan berkaitan dengan tes literasi, numerisasi, dan juga kemampuan bidang studi.

 

“Dan jangan lupa, perlu diimbangi dengan meminta doa restu keluarga serta banyak bedoa kepada Allah SWT untuk diberikan hasil yang terbaik,” pungkasnya.


Pendidikan Terbaru