Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Ansor dan IPNU-IPPNU di Pragaan Sumenep Tak Sekadar Berbagi Takjil serta Masker

Ansor dan IPNU-IPPNU di Pragaan Sumenep Tak Sekadar Berbagi Takjil serta Masker
PR Ansor dan IPNU-IPPNU Pragaan Daya, Pragaan Sumenep usai berbagi takjil dan masker. (Foto: NOJ/Firdausi)
PR Ansor dan IPNU-IPPNU Pragaan Daya, Pragaan Sumenep usai berbagi takjil dan masker. (Foto: NOJ/Firdausi)

Sumenep, NU Online Jatim

Di masa pandemi, tidak menghalangi Pimpinan Ranting (PR) Gerakan Pemuda (GP) Ansor dan Pimpinan Ranting (PR) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) serta Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Pragaan Daya berbagi takjil dan masker. Menu pembuka dan kain pelindung mulut tersebut diberikan kepada masyarakat yang melintas di perlintasan jalan pendopo Kecamatan Pragaan, Sumenep, Ahad (17/5).

 

“Tujuan kegiatan ini untuk berbagi berkah di bulan Ramadlan serta membantu meringankan beban masyarakat di tengah pandemi yang berimbas pada berbagai sektor, terutama di bidang sosial ekonomi,” kata Hanafi Hamdan.

 

Ketua PR GP Ansor Pragaan Daya menyampaikan bahwa kegiatan yang sudah lama direncanakan bersama IPNU dan IPPNU tersebut merupakan wujud kepedulian generasi muda NU dalam memutus mata rantai Covid-19.

 

"Walaupun dengan dana yang terbatas, Ansor dan IPNU-IPPNU bisa memeriahkan bulan puasa dengan kegiatan yang positif," katanya.

 

Saat acara, setidaknya dibagikan sebanyak 200 paket takjil dan 100 masker pada pengguna jalan saat sore hari. "Sumber dana ini berasal dari iuran antar anggota. Karenanya, kami ucapkan terima kasih atas keikhlasan dan kekompakan kalian," ujarnya.

 

Dirinya memiliki pandangan bahwa gerakan sosial yang diwujudkan oleh badan otonom NU murni bentuk pengabdian dan pengaplikasian hablum minallah wa hablum minannas.

 

"Semoga kegiatan ini menjadi agenda tahunan setiap bulan Ramadlan dengan tujuan memberi contoh kepada para pemuda dan pelajar bahwa hidup itu pengabdian diri untuk menjemput syafaat dan barakah di bulan puasa yang penuh keberkahan," ungkapnya. Ia juga berharap generasi muda NU menjaga keistikamahan dalam menyiarkan nilai-nilai Islam Ahlussunnah wal Jamaah an-Nadhliyah yang dikenal moderat, lanjutnya.

 

Di kesempatan berbeda, Ketua PR IPPNU Pragaan Daya menjelaskan bahwa hikmah kegiatan ini adalah mempererat ukhuwah an-Nadhliyah antara Ansor dan IPNU-IPPNU.

 

"Harapan kami, semoga jalinan silaturahim ini tidak hanya ada di momen pandemi, melainkan di setiap acara apapun yakni Ansor dan IPNU-IPPNU Pragaan Daya terus bersinergi untuk menjunjung tinggi marwah organisasi yang dibangun oleh para muassis," kata Dewi Ith'maanna.

 

Dirinya menegaskan bahwa kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian sosial dari Ansor dan IPNU-IPPNU. "Di bulan yang suci ini kita melakukan aksi sosial untuk mengampanyekan bahaya Covid-19 kepada masyarakat," jelasnya.

 

Ainul Yakin selaku pengurus PAC IPNU Pragaan yang ikut kegiatan berharap ini dijadikan ajang unjuk gigi kepada khalayak bahwa generasi millenial NU bisa membantu masyarakat kecil walaupun tidak seberapa atau jauh dari sempurna.

 

"Kegiatan ini bukan sekadar bagi-bagi takjil dan masker, melainkan generasi muda NU bisa memberikan contoh dan mengedukasi masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan," jelasnya.

 

Dengan mengedukasi dan mengingatkan masyarakat, dirinya berharap warga sadar bahwa memakai masker adalah salah satu bagian pencegah Covid-19.

 

"Semoga wabah ini cepat berlalu dan kita bisa beraktivitas seperti biasanya, serta Ramadlan tahun ini menjadi pembelajaran buat kita semua bahwa pola hidup bersih sangat penting bagi kesehatan warga," pungkasnya.

 

Kontributor: Firdausi
Editor: Syaifullah
 

F1 Promosi Iklan