Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka

Cetak Kader Pewarta, PC Fatayat NU Madiun Gelar Madrasah Jurnalistik

Cetak Kader Pewarta, PC Fatayat NU Madiun Gelar Madrasah Jurnalistik
Kegiatan Madrasah Jurnalistik yang dilaksanakan PC Fatayat NU Madiun di situs muktamar NU ke-17 tepatnya di Aula Musyawarah Ranting NU Desa Pagotan, Kecamatan Geger, Sabtu (24/10/2020). (Foto: NOJ/ Mirna Nur Asyiah).
Kegiatan Madrasah Jurnalistik yang dilaksanakan PC Fatayat NU Madiun di situs muktamar NU ke-17 tepatnya di Aula Musyawarah Ranting NU Desa Pagotan, Kecamatan Geger, Sabtu (24/10/2020). (Foto: NOJ/ Mirna Nur Asyiah).

Madiun, NU Online Jatim

Pimpinan Cabang (PC) Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Madiun menggelar ‘Madrasah Jurnalistik’, Sabtu (24/10/2020). Kegiatan yang diikuti perwakilan Pimpinan Anak Cabang (PAC) Fatayat NU se Kabupaten Madiun dan Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Putri NU (PC IPPNU) Kabupaten setempat ini diselenggarakan di situs muktamar NU ke-17 tepatnya di Aula Musyawarah Ranting NU Desa Pagotan, Kecamatan Geger.

 

Adapun pelatihan ini menghadirkan pemateri dari NU Online Jawa Timur, Romza. Dalam kesempatan tersebut, peserta diberikan materi mulai dari  teknik reportase, teknik penulisan berita hingga praktik menulis naskah berita. Pada sesi praktik, peserta diberikan bahan materi untuk diolah menjadi sebuah naskah berita. Para peserta kemudian mengikuti bimbingan praktik tersebut dengan menulis berita berdasarkan materi yang disebutkan narasumber.

 

Kegiatan ini dilaksanakan guna proses pendidikan untuk menyiapkan kader jurnalis atau pewarta dari Fatayat NU Kabupaten Madiun. “Pelatihan ini diselenggarakan untuk mencetak jurnalis muda Fatayat NU  Kabupaten Madiun yang professional dan militan,” kata Ummu Habibah, Ketua PC Fatayat NU Kabupaten Madiun.

 

Selain itu, perempuan yang akrab dipanggil Ummu ini juga menuturkan, madrasah jurnalistik bertujuan untuk meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) Fatayat NU di bidang jurnalistik. Sehingga kedepannya mampu mensyiarkan Islam Rahmatan Lil Alamin melalui media.

 

“Harapannya kader jurnalis Fatayat NU yang mengikuti Madrasah Jurnalistik, mau secara konsisten mengembangkan ilmu dan pengetahuan yang didapat,” ungkap Ummu.

 


 

Kegiatan ini juga dihadiri mantan Bupati Madiun, H. Muhtarom. Disela-sela kegiatan, pria yang kini menjadi anggota DPR RI ini berpesan agar kader Fatayat NU dapat berkarya dibidang media. Supaya kegiatan-kegiatan NU khususnya Fatayat dapat dibaca masyarakat luas.

 

“Kader Fatayat tidak boleh gaptek (gagap teknologi). Maka harus belajar untuk menguasai perkembangan teknologi. Salah satunya media online ini,” ujar H. Muhtarom.  

 

Sementara Madrasah Jurnalistik PC Fatayat NU Kabupaten Madiun ini diselenggarakan selama 2 hari, yakni Sabtu (24/10/2020) dan hari yang sama (31/10/2020).

 

Penulis: Mirna Nur Asyiah

Editor: Romza

Iklan Hari Pahlawan