Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Distribusi Bantuan Sembako, Anggota Parlemen Apresiasi Program LPBINU Sidoarjo

Distribusi Bantuan Sembako, Anggota Parlemen Apresiasi Program LPBINU Sidoarjo
Pemberian paket sembako LPBINU Sidoarjo. (Foto: NOJ/Yuli)
Pemberian paket sembako LPBINU Sidoarjo. (Foto: NOJ/Yuli)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Pengurus Cabang (PC) Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBINU) Kabupaten Sidoarjo yang menggulirkan paket bantuan sembako di Desa Sidodadi, Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo, Ahad (17/01/2021). Kegiatan ini merupakan aktualisasi dari Program Penguatan Ketangguhan Masyarakat Menghadapi (PKMM) Covid-19 dan era kenormalan baru.

 

Kegiatan ini disaksikan langsung dan sekaligus mendapatkan apresiasi dari Wakil Ketua DPRD Jawa Timur Hj Anik Maslachah. Bantuan paket sembako dalam rangkaian kegiatan program PKMM Covid-19 di Desa Sidodadi menyasar sejumlah 931 kepala keluarga atau setara dengan 36,5 persen dari total kepala keluarga di kawasan tersebut.

 

Menurut Anik, pemberian bantuan sembako kepada masyarakat di masa pandemi ini sangat bermanfaat bagi upaya memperkuat ketahanan pangan masyarakat.

 

"Masyarakat tidak saja rentan terpapar virus Covid-19, tapi juga rentan terhadap penurunan pendapatannya. Sehingga tidak cukup untuk melindungi dengan protokol kesehatan 3M saja, tapi juga perlu perlindungan dalam bentuk bantuan sembako maupun stimulus ekonomi lainnya," kata Sekretaris Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jawa Timur tersebut.

 

Perempuan penyandang penghargaan sebagai politisi peduli Covid-19 dari Accurate Research and Consulting (ARC) Award 2020 ini menambahkan, bulan Januari ini Jawa Timur menduduki peringkat pertama se-Indonesia terkait infeksi rate terpapar Covid-19 dan fatality rate (kematian). Sehingga berbagai kabupaten di Jawa timur menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

 

"Semua pihak harus patuh protokol kesehatan, memakai masker dengan benar, sering cuci tangan pakai sabun, dan menjaga jarak. Serta mengurangi aktivitas di luar rumah untuk menurunkan angka infeksi dan kematiannya," tambahnya.

 

Dalam kesempatan yang sama, ia juga memberikan apresiasi atas program pembagian paket sembako yang dilakukan PC LPBINU Sidoarjo dengan menggunakan teknologi informasi. Ditegaskannya, akuntabilitas dan akurasi sasaran  penerima manfaat lebih bisa terjamin.

 

Sementara itu, Ketua PC LPBINU Sidoarjo, Nur Muchamad Sholichuddin menyampaikan terima kasih  kepada Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Timur yang turut hadir menyaksikan dan memberikan masukan dalam kegiatan distribusi bantuan sembako kepada masyarakat Desa Sidodadi. Ia menerangkan, sinergisitas semua pihak dalam menghadapi pandemi Covid-19 sangat dibutuhkan.

 

"Banyak hal yang bisa dilakukan untuk menutupi kekurangan yang muncul dari program ini, seperti jangkauan yang lebih luas dari sasaran program. Juga intervensi sosial lainnya seperti penanganan upaya kesehatan masyarakat dan pemulihan pendidikan serta ekonomi masyarakat," terang Cak Soleh, sapaan akrabnya.

 

Cak Soleh menambahkan, program lainnya yang dijalankan oleh PC LPBINU Sidoarjo saat ini adalah menyediakan fasilitas rumah karantina di tiap RW desa sasaran untuk mengurangi keterbatasan ruang kamar isolasi pada rumah sakit rujukan dan memutus rantai penyebaran virusnya.

 

“Kami juga menyediakan fasilitas ruang karantian di tiap RW desa untuk mengatasi keterbatasan ruang kamar isolasi di rumah sakit untuk pasien Covid-19,” pungkasnya.

 

 

Editor: Risma Savhira

Iklan promosi NU Online Jatim