• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 27 April 2024

Madura

LAZISNU Guluk-guluk Sumenep Salurkan 100 Paket untuk Yatim

LAZISNU Guluk-guluk Sumenep Salurkan 100 Paket untuk Yatim
LAZISNU Guluk-guluk Sumenep membagikan seratus paket kepada yatim dan dluafa setempat. (Foto: NOJ/Mahrus Ali)
LAZISNU Guluk-guluk Sumenep membagikan seratus paket kepada yatim dan dluafa setempat. (Foto: NOJ/Mahrus Ali)

Sumenep, NU Online Jatim
Lembaga Amil Zakat, Infak, dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Guluk-guluk, Sumenep membagikan seratus paket bantuan sosial berupa sembako kepada yatim. Penyerahan tersebut dilakukan ke sejumlah desa di kecamatan setempat.

 

Ada pun dana yang dijadikan bantuan tersebut yakni hasil swadaya dan donasi. Tetapi sebagian besar dana tersebut dikumpulkan melalui Koin Peduli Umat yang dilakukan oleh Nahdliyin di Kecamatan Guluk-guluk setiap bulannya.

 

"Alhamdulillah, pendistribusian bantuan sudah kami lakukan sejak hari ini. Kami bersama seluruh pengurus membagikan bantuan ini ke semua desa yang ada di Guluk-guluk," kata pengurus LAZISNU Guluk-guluk, Zahratun Ni'am, Sabtu (16/5).

 

Kegiatan pembagian bantuan tersebut merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan oleh LAZISNU Guluk-guluk. Hampir setiap bulan Ramadhan, agenda terbesar yakni berbagi dengan keluarga tidak mampu dan yatim.

 

Namun karena kondisi saat ini sedang physical distancing atau menjaga jarak, maka pembagian bantuan dan penyalurannya pun bertahap. "Biasanya mereka kami undang. Karena menjaga situasi dan kondisi, jadinya saat ini kita datangi satu persatu ke rumahnya," jelasnya.

 

Dia mengajak, di tengah menjalani puasa Ramadlan, ditambah dengan kondisi perekonomian yang cukup stagnan, agar ikut peduli terhadap keluarga yang berkecukupan. Semisal ikut berbagi apa yang bisa diberikan.

 

"Di bulan Ramadlan ini sangat dianjurkan untuk bersedekah, lebih-lebih kepada fakir miskin dan yatim. Kami mengajak seluruh elemen masyarakat untuk berbagi dengan sesama, berbuat baik dengan sesama," jelasnya.

 

Dalam kegiatan penyaluran bantuan tersebut, LAZISNU tidak sendirian. Hampir seluruh badan otonom Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Guluk-guluk ikut membantu.

 

"Walaupun bantuan ini tidak seberapa, tapi kami selalu berdoa semoga bisa meringankan beban yatim dalam menjalani hidup, lebih-lebih selama menjalani ibadah puasa di tengah pandemi Covid-19," kata Kiai Md Widadi Rahiem, Ketua MWCNU Guluk-guluk.

 

Kontributor: Mahrus Ali
Editor: Syaifullah
 


Editor:

Madura Terbaru