Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

PAC IPNU – IPPNU di Malang Adakan Lakmud dengan Prokes Ketat

PAC IPNU – IPPNU di Malang Adakan Lakmud dengan Prokes Ketat
Peserta Lakmud duduk dengan jarak yang ditentukan panitia sesuai protokol kesehatan. (Foto: NOJ/ Miftachul Rizki).
Peserta Lakmud duduk dengan jarak yang ditentukan panitia sesuai protokol kesehatan. (Foto: NOJ/ Miftachul Rizki).

Malang, NU Online Jatim

Tak terasa Pandemi Covid-19 telah 10 bulan terhitung sejak Maret 2020 berada di Bumi Nusantara ini. Berbagai agenda telah carut-marut bahkan gagal lantaran pandemi ini. Namun ada juga yang ditunda, seperti Latihan Kader Muda (Lakmud) Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Gondanglegi Kabupaten Malang.

 

Dalam hal ini PAC IPNU-IPPNU Gondanglegi mengambil sikap untuk menjalankan Lakmud dengan screening untuk diseleksi terkait kesiapan dan keseriusan peserta. Dari 45 pendaftar hanya 32 peserta yang lolos proses screening.

 

Tentunya Lakmud kali ini dijalankan dengan mematuhi protokol kesehatan (Prokes) yang ketat. Lakmud ini diadakan di Madrasah Aliyah (MA) Mansyaul Ulum Ganjaran Gondanglegi sejak Selasa - Kamis (29-31/12/2020).

 

Berbeda dengan Lakmud biasanya, kali ini hanya dilaksanakan di siang hari demi mematuhi himbauan dari Pemerintah Kabupaten Malang yakni tidak adanya aktifitas malam hari di atas pukul 20.00 WIB.

 

"Jadi begini, dalam Lakmud ini terdapat 13 materi. Mulai dari materi Aswaja, Manajemen Organisasi, sampai ke Teknik Persidangan. Konsep acaranya sendiri yakni dengan konsep diklat dan pelatihan, dimana peserta dibekali banyak materi, presentasi, penyampaian argumen, dan beberapa materi yang inovatif tentunya," ujar Risa Faiqul Ummah, Ketua PAC IPPNU Gondanglegi.

 

Lakmud kali ini mengambil tema 'Menumbuhkan Kader Cendekiawan dan Terdepan Dalam Moral'. Kegiatan ini dihadiri perwakilan Banom Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Gondanglegi. Diantaranya Fatayat NU, Muslimat, GP Ansor, Pagar Nusa, dan PMII Komisariat Al-Qolam dan serta beberapa pengurus dari PAC sekitar  seperti Kepanjen, Pakisaji, Gedangan, Ngajum, Turen, Pagak, Bululawang,  Poncokusumo, Dampit, dan Tirtoyudo.

 

"Lakmud ini kami adakan sebagai pelaksanaan program. selain itu, Lakmud merupakan kaderisasi formal tahap kedua yang harus dilaksanakan. Dalam Lakmud kali ini kami juga selalu menghimbau peserta untuk tetap mnjaga jarak aman, memakai masker, dan mencuci tangan dengan sabun," ungkap Risa.

 

 

Ia berharap, Lakmud kali ini bisa sesuai dengan tema yang sudah ditentukan panitia. "Harapan saya setelah terselesaikannya Lakmud ini ialah sesuai dengan tema yakni 'menumbuhkan kader cendekiawan dan terdepan dalam moral'. Yang nantinya rekan-rekanita bisa menjadi kader intelektual yang menggunakan kecerdasannya untuk belajar dan bekerja (diamalkan). Sekaligus terdepan dalam moral, karena sejatinya intelektual dan moral adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan," pungkas Risa.

 

Penulis: Moch Miftachur Rizki

Editor: Romza

 

Iklan promosi NU Online Jatim