Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka

Peduli Penderitaan Warga, Banser Ganding Sumenep Berbagi Sembako

Peduli Penderitaan Warga, Banser Ganding Sumenep Berbagi Sembako
Satkoryon Banser Ganding Sumenep menyerahkan bantuan kepada dluafa. (Foto: NOJ/Firdausi)
Satkoryon Banser Ganding Sumenep menyerahkan bantuan kepada dluafa. (Foto: NOJ/Firdausi)

Sumenep, NU Online Jatim

Meski dalam masa pandemi, rasa senyum kini ditebar kembali oleh keluarga Besar Satuan Koordinasi Rayon (Satkoryon) Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Ganding, Sumenep. Hal itu dilakukan dengan meningkatkan aksi pedulinya terhadap para dluafa di kawasan setempat, Ahad (17/5).

 

Kegiatan kemanusiaan dilakukan karena merebaknya Covid-19 yang berimbas pada penurunan penghasilan warga, terlebih di bulan Ramadlan. 

 

“Hal inilah yang mendorong Satkoryon Banser Ganding turun ke jalan dengan membagikan ratusan paket Sembako. Tujuan utama dari kegiatan ini adalah ingin meringankan beban masyarakat terdampak pandemi Covid-19,” kata M Musfiqurrohman.

 

Kasatkoryon Banser Ganding tersebut berharap dengan adanya bantuan Sembako yang diberikan oleh Banser dapat meringankan perekonomian masyarakat yang kurang mampu.

 

Dirinya menjelaskan bahwa paket Sembako tersebut berisi beras, minyak goreng, gula, kopi, dan sejenisnya. “Bingkisan kami bagikan kepada yang berhak secara door to door ke rumah mereka masing-masing dengan berpatokan pada protokol kesehatan," jelasnya.

 

Disampaikan bahwa kegiatan di bulan puasa sebagai salah satu bentuk kepedulian terhadap masyarakat terdampak Covid-19 dan juga bagi dluafa.  “Jika kita lihat di lapangan kondisi ekonomi warga memang lemah. Makanya kita berusaha untuk meringankan beban mereka dengan kemampuan yang dimimiliki atau semampu kita," jelasnya.

 

Pada kesempatan berbeda, Zainal mengungkap rasa senang dan bangga terhadap apa yang dilakukan Banser.  "Saya sangat senang dan bangga sekali, dengan apa yang dilakukan Banser dalam mewujudkan rasa solidaritas dan rasa peduli kemanusian," ungkapnya Ketua PAC GP Ansor Ganding ini.

 

Dengan menyerahkan langsung ke rumahnya, seluruh anggota mengaku tahu kondisi penerima bantuan tersebut. "Ternyata, mereka memang sangat membutuhkan uluran bantuan kita. Bahkan ada sebagian di antara mereka belum terdata oleh pemerintah," ujar Komandan Nawawi yang saat itu membantu Banser Ganding.

 

Salah satu penerima Sembako yaitu Lihan (70 tahun) di Desa Rombiya Timur mengucapkan terima kasih. "Terimakasih nak, semoga diberikan balasan yang lebih melimpah oleh Allah SWT," harapnya.

 

Kontributor: Firdausi
Editor: Syaifullah
 

PWNU Jatim Harlah