Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Pelajar NU dan Mahasiswa di Bangkalan Tak Kenal Lelah Lawan Covid-19

Pelajar NU dan Mahasiswa di Bangkalan Tak Kenal Lelah Lawan Covid-19
Relawasan dari IPNU-IPPNU dan Permata melakukan penyemprotan di Tanjungbumi, Bangkalan. (Foto: NOJ/Abdullah Hafidi)
Relawasan dari IPNU-IPPNU dan Permata melakukan penyemprotan di Tanjungbumi, Bangkalan. (Foto: NOJ/Abdullah Hafidi)

Bangkalan, NU Online Jatim
Pemerintah Kabupaten Bangkalan menetapkan status 'tanggap darurat wabah' Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) dari yang sebelumnya berstatus 'siaga darurat wabah' yang diberlakukan mulai Jumat (10/4).

 

Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) bekerja sama dengan Persatuan Mahasiswa Tanjungbumi (Permata), kembali melakukan kegiatan penyemprotan disinfektan di Tanjungbumi Kabupaten Bangkalan, Rabu (22/4).

 

Dana yang dikumpulkan juga dari inisiatif anggota yang terlibat serta alat seadanya. Namun demikian, penyemprotan sekaligus edukasi kepada masyarakat merupakan sebuah bentuk keseriusan dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di Kecamatan Tanjungbumi.

 

Kegiatan tersebut dilakukan selama dua hari secara bertahap, dengan titik penyemprotan di Desa Tanjungbumi dan Desa Macajah. Di lokasi ini kegiatan langsung difasilitasi Pimpinan Ranting (PR) IPNU IPPNU Tanjungbumi di hari pertama. Sedangkan PR IPNU IPPNU Macajah di hari kedua sebagai bagian dari PAC IPNU IPPNU Tanjungbumi.

 

Achmad Hanafi selaku Ketua PAC IPNU Tanjungbumi dan koordinator dalam gerakan menuturkan bahwa kegiatan merupakan langkah untuk membantu pemerintah dalam pencegahan penyebaran Covid-19 khususnya di Bangkalan. Apalagi statusnya sudah naik menjadi tanggap darurat.

 

"Kegiatan merupakan bukti keseriusan kami dalam membantu pemerintah untuk melakukan pencegahan penyebaran Covid-19 khususnya di Desa Tanjungbumi dan Desa Macajah agar masyarakatnya terhindar dari paparan virus berbahaya ini," tutur Hanafi.

 

Selain itu, dia mengatakan bahwa gerakan akan berlanjut selama virus masih meningkat penyebarannya. Dan salah satu rencana kegiatan yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat adalah pembagian masker secara geratis kepada masyarakat.

 

"Kami usahakan kegiatan akan tetap berlanjut selama penyebaran virus ini masih ada, insyaallah rekan rekanita dalam waktu dekat mengadakan pembagian masker gratis kepada masyarakat Tanjungbumi," ucapnya.

 

Gerakan juga mendapat apresiasi dari Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) setempat. Bahwa dengan adanya kegiatan yang dilakukan IPNU IPPNU dan Permata sangat membantu dalam melakukan penyadaran dan pencegahan penyebaran Covid-19 kepada masyarakat.

 

Kontributor: Abdullah Hafidi
Editor: Syaifullah
 

F1 Bank Jatim  Syariah 17/9