• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 2 Mei 2024

Pemerintahan

Perhatian Pemkab Bangkalan terhadap Penghafal Al-Qur’an

Perhatian Pemkab Bangkalan terhadap Penghafal Al-Qur’an
Wakil Bupati (Wabup) Bangkalan Mohni saat menghadiri pembukaan lomba hafalan Juz Amma di Desa Jaddih. (Foto: NOJ/ Pemkab Bangkalan).
Wakil Bupati (Wabup) Bangkalan Mohni saat menghadiri pembukaan lomba hafalan Juz Amma di Desa Jaddih. (Foto: NOJ/ Pemkab Bangkalan).

Bangkalan, NU Online Jatim

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan memiliki perhatian khusus terhadap para penghafal Al-Qur’an. Salah satunya melalui program  program Gerakan Bangkalan Menghafal Al-Quran.

 

Tidak hanya dengan program tersebut, Pemkab Bangkalan juga mendukung upaya lain untuk kegiatan menghafal Al-Qur’an. Salah satunya dengan mendukung lomba hafalan Juz Amma sebagai salah satu media menuju terlahirnya generasi penghafal Al-Qur’an.

 

Kali ini, lomba hafalan Juz Amma tersebut dilaksanakan Forum Cendikiawan Desa Jaddih, Kecamatan Socah, Sabtu (24/04/2021). Sebagai bentuk dukungan, serta untuk silaturahim Wakil Bupati (Wabup) Bangkalan Mohni hadir dalam lomba hafalan Juz Amma se-Desa Jaddih tahun 2021 tersebut.

 

Pada kesempatan itu Mohni mengapresiasi terselenggaranya lomba hafalan Juz Amma tersebut. Menurutnya kegiatan itu dapat menjadi salah satu refleksi Kabupaten Bangkalan sebagai Kota Dzikir dan Sholawat.

 

Kegiatan itu kata Mohni juga dapat menjadi media efektif untuk menstimulasi masyarakat terutama generasi muda untuk cinta, gemar belajar dan membaca Al-Quran. Serta menanamkan nilai-nilai Al-Quran dalam Kehidupan sehari-hari sekaligus menjadi media yang nantinya dapat melahirkan Hafiz Al-Quran. 

 

"Siapa tahu melalui lomba yang diselenggarakan ini, juga akan lahir bibit-bibit kafilah Musabaqah Tilwatil Qur'an (MTQ) yang dapat mewakili Desa Jeddih di ajang MTQ tingkat Kabupaten hingga Nasional," ujarnya dikutip laman Pemkab Bangkalan.

 

Kegiatan semacam itu, lanjutnya, juga selaras dengan program Gerakan Bangkalan Menghafal Al-Quran yang dilaksanakan di semua jenjang pendidikan. Program tersebut bertujuan untuk mendorong para siswa sejak dini untuk belajar membaca, menulis dan menghafal Al-Quran dengan baik dan benar. 

 

 

"Kami juga ingin menanamkan nilai-nilai AL-Quran dalam kehidupan sehari-hari sehingga konsep pembetukan SDM Bangkalan tidak hanya berkualitas dari segi IPTEK namun juga dibentengi nilai keimanan dan ketaqwaan," ungkap Mohni.


Editor:

Pemerintahan Terbaru