Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Pupuk Solidaritas, Ketua F-PKB Jatim Salurkan Hewan Kurban ke Lima Kabupaten

Pupuk Solidaritas, Ketua F-PKB Jatim Salurkan Hewan Kurban ke Lima Kabupaten
Hewan kurban Fauzan Fuadi. (Foto: NOJ/Totok)
Hewan kurban Fauzan Fuadi. (Foto: NOJ/Totok)

Surabaya, NU Online Jatim

Meski di tengah pandemi Covid-19, Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (F-PKB) DPRD Jawa Timur, Fauzan Fuadi turut memeriahkan Hari Raya Idul Adha 1442 H. 

 

Di momen kali ini, ia berkurban tiga ekor sapi dan tujuh ekor kambing. Hewan kurban tersebut Fauzan salurkan ke lima titik daerah yaitu Kabupaten Bojonegoro, Kabupaten Tuban, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Gresik dan Kabupaten Blitar. 

 

Lima daerah berbeda tersebut merupakan daerah istimewa bagi Fauzan, seperti Bojonegoro dan Tuban merupakan Daerah Pemilihannya sebagai anggota DPRD Jawa Timur. Sementara Lamongan merupakan tanah kelahiran dan Gresik adalah tempat tinggalnya saat ini. Sedangkan Kabupaten Blitar adalah tempat kelahiran istri tercintanya. Sehingga Idul Adha menjadi momen baginya untuk berbagi kepada orang-orang tercintanya. 

 

Fauzan mengatakan, momentum Idul Adha sebagai upaya meningkatkan rasa solidaritas antar umat muslim di Indonesia. Terlebih saat ini, memupuk solidaritas antar masyarakat dalam mengahadapi pandemi Covid-19 sangat diutamakan. Sebab, dampak pandemi terhadap perekonomian masyarakat mulai mengkhawatirkan.

 

“Saat pandemi ini banyak saudara-saudara kita yg terkena dampak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, utamanya para Pedagang Kaki Lima (PKL) yang berjualan dipinggir jalan dan pedagang kecil lainnya. Karena itu, rasa solidaritas kita tingkatkan termasuk melalui pembagian daging hewan kurban kepada mereka yang membutuhkan,” kata Fauzan, Rabu (21/07/2021).

 

Bendahara Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PKB Jawa Timur itu menuturkan, solidaritas menjadi salah satu kunci Indonesia bisa keluar dari dampak pandemi Covid-19. Sehingga kerja-kerja pencegahan penyebaran Covid-19 tidak hanya tugas dari pemerintah saja, namun juga solidaritas dari masyarakat sangat dibutuhkan untuk membantu pencegahan.

 

Sebab itu, lanjutnya, anggota F-PKB DPRD Jawa Timur diwajibkan untuk melaksanakan kurban. Titik pelaksanaan kurban tersebut di daerah-daerah dengan tingkat kesejahteraan masyarakat yang rendah. Sehingga semangat dari Idul Adha membantu mereka yang tidak mampu atau membutuhkan bisa terlaksana. 

 

“Kurban kali ini tidak hanya melaksanan kewajiban sebagai muslim, namun juga melaksanaan amanah Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) PKB, Gus Muhaimin Iskandar untuk berkurban. Seluruh anggota Fraksi PKB RI, provinsi dan kabupaten/kota wajib berkurban. Sebab ini juga bagian dari syukuran Harlah ke 23 Tahun PKB,” ujar mantan aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) ini.


Editor:
F1 PWNU Jatim