Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka

Radio di Pragaan Sumenep Santuni Puluhan Yatim dan Bagikan Zakat Fitrah

Radio di Pragaan Sumenep Santuni Puluhan Yatim dan Bagikan Zakat Fitrah
Kades Aeng Panas dan puluhan yatim. (Foto: NOJ/Firdausi)
Kades Aeng Panas dan puluhan yatim. (Foto: NOJ/Firdausi)

Sumenep, NU Online Jatim
Banyak cara yang dilakukan oleh Nahdliyin atau warga Nahdlatul Ulama untuk memeriahkan Ramadlan. Salah satunya Radio Permata FM yang dikelola oleh Pemerintah Desa Aeng Panas. Kali ini dengan mengundang sejumlah fans sekaligus menyantuni 95 yatim dan 87 zakat fitrah untuk fakir miskin, Senin (18/5).

 

Acara yang dipusatkan di Balai Desa Aeng Panas Kecamatan Pragaan dihadiri kepala desa beserta perangkat, PKK, BPD, RT-RW, Karang Taruna Perkasa, KIM Karya Makmur, tokoh agama, Pengurus Ranting NU, dan fans radio.

 

Kiai Ach Subairi Karim yang didaulat sebagai pengelola menjelaskan bahwa bantuan ini didapatkan dari fans Permata FM dan perangkat desa serta warga masyarakat Aeng Panas yang sangat bersimpati kepada mustahiqqin.

 

"Bukan hanya mereka yang menjadi donatur, tetapi Kapolsek Pragaan sekaligus fans setia Permata FM ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini,"kata kiai yang juga Wakil Ketua Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Pragaan.

 

Inilah bentuk kepedulian kru dan fans radio terhadap yatim dan dluafa yang dikemas dalam bentuk syukuran dan selamatan. "Meskipun ditakdirkan sebagai yatim dan dluafa, mereka jangan dilupakan dan jangan sampai putus asa dalam menjalankan hidup. Mereka butuh uluran kita sebagai warga yang mampu secara ekonomi," kata Kiai Subairi, sapaannya.

 

Dirinya berterima kasih atas kerja sama dari semua pihak yang telah berupaya mengumpulkan dana untuk yatim dan dluafa. "Semoga apa yang dilakukan diganjar dengan surga, amin," harapnya.

 

Kegiatan juga diisi pembacaan surat Yasin dan khatmil Quran sebagai puncak pelaksanaan tadarus Quran yang dilaksanakan tiap malam di studio radio.

 

"Tiap malam kami isi waktu luang untuk meramaikan Radio Permata FM dengan bacaan Al-Quran dengan melibatkan pemuda, termasuk Gerakan Pemuda (GP) Ansor dan IPNU-IPPNU Aeng Panas," kata Badrul Subakih selaku tim KIM Karya Makmur dan sekaligus sekretaris Baanar PAC GP Ansor Pragaan.

 

Dirinya memiliki pandangan bahwa apa yang dilakukan hanya mengharap syafaat Allah. "Semoga dengan khatmil Quran ini, Desa Aeng Panas terhindar dari wabah Covid-19," pungkasnya.

 

Kontributor: Firdausi

Editor: Syaifullah
 

PWNU Jatim Harlah