Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka

Sosialisasi Pilkada, PPK Bluto Sumenep Punya Cara Unik

Sosialisasi Pilkada, PPK Bluto Sumenep Punya Cara Unik
Sosialisasi PPK Bluto, Sumenep untuk sukseskan pilkada mendatang. Foto: NUOJ
Sosialisasi PPK Bluto, Sumenep untuk sukseskan pilkada mendatang. Foto: NUOJ

Sumenep, NU Online Jatim
Beragam persiapan dilakukan menyambut pilkada serentak yang akan digelar Desember mendatang. Terpenting saat ini adalah upaya sosialisasi kepada masyarakat untuk meminimalisir kesalahan saat pemilihan nanti. 

 

Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Bluto memilih menggunakan cara membuat video kreatif ajakan memilih. Launching video ajakan memilih untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumenep Tahun 2020  ini dipusatkan di Sekretariat PPK Bluto, pada Rabu (9/9/2020), tepat pukul 09.09 waktu setempat. 

 

Ketua PPK Bluto, Halik mengatakan launching video ini untuk mengingatkan kepada masyarakat khususnya Bluto bahwa Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumenep akan digelar pada tanggal 9 Desember 2020.

 

"Dilaunchingnya ini sebagai ajakan dan mengingatkan  masyarakat agar makin semangat dalam menyambut pesta demokrasi di Kabupaten Sumenep pada tanggal 09 Desember mendatang," tutur Halik. 

 

Indah Husnul Khotimah, PPK Divisi SDM dan Parmas menjelaskan, video ajakan memilih ini bertemakan 9 Srikandi, yang pengambilan videonya di dari 9 titik lokasi berbeda. Sembilan orang srikandi yang dimaksud adalah semua kaum wanita penyelenggara pemilihan dari tingkat PPK 1 orang, dan 8 orang dari tingkat PPS. 

 

"Kebetulan jumlah penyelenggara pemilihan ada 9 orang, baik dari tingkat PPK dan PPS yang tersebar di beberapa desa yang ada di Bluto. Jadi, menurut saya ini merupakan suatu hal yang unik, karena momennya juga tanggal 9 bulan 9. Dari situlah saya berinisiatif untuk mengambil video dari 9 lokasi berbeda," ungkap perempuan asal Bungbungan Bluto ini. 

 

Perempuan yang akrab disapa Indah ini menambahkan, bahwa proses pengambilan video tersebut cukup menguras tenaga dan pikiran karena dilaksanakan selama dua hari. Lokasinya meliputi Basecamp Pencak Silat Bintang Timur di Desa Bluto, Pesisir Desa Lobuk, Ladang Tembakau di Desa Aengbaja Raja, Masjid Jami' Baiturrahman di Desa Bungbungan. Selain itu juga di Pondok Pesantren Nasyrul Ulum di Desa Aengdake, Kerajinan Batik Pajjher di Desa Gingging, Pasar Sore di Desa Bluto, Lapangan Sepak Bola Desa Bluto, dan Pendopo Kecamatan Bluto. 

 

"Ya, karena semuanya serba 9, maka saya juga berinisiatif untuk launching videonya pada Jam 09 menit 09 dan detik 09," imbuhnya. Bangganya pula, launching video ini dihadiri oleh anggota PPK dan Ketua PPS se-Kecamatan Bluto.

 

Lebih lanjut Halik menjelaskan, video ajakan memilih oleh 9 Srikandi Bluto digunakan sebagai salah satu sarana mengkomunikasikan demokrasi pilkada kepada masyarakat, khususnya kecamatan Bluto. Sekaligus masyarakat diharapkan berpartisipasi dalam menyukseskan ajang lima tahunan tersebut.

 

Pada prinsipnya, masyarakat harus tahu Pilkada Sumenep 2020 ini sangat penting, karena menyangkut Kabupaten Sumenep ke depannya. 

 

"Saya harap seluruh masyarakat se-kecamatan Bluto dapat berpartisipasi langsung dalam pemilihan Bupati dan wakil bupati tahun ini. Karena saat ini masih pandemi ya, jadi video ini menjadi sarana sosialisasi efektif dalam tahapan penyelenggaraan pemilihan tahun ini," jelas Halik. 

 

Editor: Ayun
 

Iklan PWNU Jatim