• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 18 Agustus 2022

Tapal Kuda

Ajak Santri Berpikir Kritis, HSN Pesantren di Bangil Diisi Lomba Debat

Ajak Santri Berpikir Kritis, HSN Pesantren di Bangil Diisi Lomba Debat
Lomba debat semarak HSN 2021 Pondok Pesantren Darut Tauhid Bangil, Pasuruan agar santri dapat berpikir kritis. (Foto: NOJ/M Hifni S Rizqy)
Lomba debat semarak HSN 2021 Pondok Pesantren Darut Tauhid Bangil, Pasuruan agar santri dapat berpikir kritis. (Foto: NOJ/M Hifni S Rizqy)

Pasuruan, NU Online Jatim

Pondok Pesantren Darut Tauhid Bangil, Pasuruan menggelar lomba debat ilmiah. Lomba debat tersebut merupakan bagian dari serangkaian dalam menyambut Hari Santri Nasional (HSN) 2021. Kegiatan yang dijadikan ajang agar santri berpikir kritis tersebut dipusatkan di aula pesantren setempat, Kamis (07/10/2021).

 

Acara tersebut mengusung tema ‘Peran Santri Milenial untuk Menghadapi Radikalisme’ dengan diikuti sejumlah santri yang terbagi menjadi empat tim, dan masing-masing tim berisi dua orang.

 

Pengasuh Pondok Pesantren Darut Tauhid, KH M Imam Haromain mengatakan, kegiatan ini merupakan sebuah momentum dalam rangka memperingati harinya santri. Disebutkan, bahwa digelarnya ajang lomba debat tersebut untuk mengajak para santri milenial untuk menjadi santri yang memiliki pemikiran kritis.

 

“Sebagai seorang santri yang hidup di era modern, memiliki pemikiran kritis merupakan sebuah keharusan agar tidak mudah terpengaruh dengan berbagai macam berita atau isu hoaks yang kian gencar,” ujar Gus Romi, sapaan akrabnya.

 

Gus Romi menambahkan, bahwa seorang santri hendaknya tidak hanya ahli di bidang agama, akan tetapi di semua bidang. Sebab, di pundak santri inilah nanti perjuangan dalam mensyiarkan agama Islam Ahlussunnah wal Jamaah tersemat erat.

 

“Santri harus bisa beradaptasi dengan segala macam situasi. Karena kita dididik di pesantren tidak hanya untuk belajar agama, tetapi juga menjadi santri yang unggul dan mampu untuk membawa kebaikan bagi bangsa dan agama,” pungkasnya.

 

Diketahui, lomba debat ini sekaligus menjadi ajang pembuka dari serangkaian peringatan Hari Santri Nasional 2021 di Pondok Pesantren Darut Tauhid. Puncak dari kegiatan ini akan digelar pada momentum Hari Santri pada 22 Oktober mendatang.

 

Penulis: M Hifni S Rizqy


Tapal Kuda Terbaru