• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 25 Mei 2022

Tapal Kuda

Begini Upaya Ketua NU Banyuwangi Wujudkan Kemandirian Jamaah

Begini Upaya Ketua NU Banyuwangi Wujudkan Kemandirian Jamaah
KH Ali Makki Zaini, Ketua pcnu Banyuwangi. (Foto: NOJ/ Vina Yunda Safitri)
KH Ali Makki Zaini, Ketua pcnu Banyuwangi. (Foto: NOJ/ Vina Yunda Safitri)

Banyuwangi, NU Online Jatim

KH Moh Ali Makki Zaini atau Gus Makki, Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Banyuwangi memiliki cara tersendiri untuk mewujudkan kemadirian jamaah. Salah satunya dengan membuat video berisi instruksi kepada seluruh pengurus lembaga dan badan otonom (Banom) NU.

 

Dalam video berdurasi 2 menit 8 detik itu, mengajak agar secara bersama-sama mewujudkan kemandirian jamiyah dan jamaah. "Kemandirian NU harus dimulai dari pribadi masing-masing pengurus, mulai dari sikap dan mental pengurus," kata Gus Makki.

 

Ia menjelaskan, upaya kemandirian itu dapat diwujudkan salah satunya dengan cara memberikan label bertuliskan NU di setiap usaha milik pengurus lembaga dan banom di semua tingkatan kepengurusan. 

 

"Baik toko, warung, kafe, usaha kecil sampai menengah apapun bentuknya berikan label NU di masing-masing tempat usahanya," jelas Gus Makki.

 

Dalam tayangan video itu, ia juga memberikan contoh cara pemasangan label untuk menyamakan antar pengurus NU pemilik usaha. Yakni dengan memasang tulisan di tempat usaha atau dagangannya dengan kalimat 'toko ini milik pengurus Muslimat, Fatayat, Ansor dan lainnya'.

 

Kemudian ditambahi di bawahnya dengan kalimat 'lebih afdhol belanja di teman sendiri atau belanja di kawan sendiri, belanja di bolo sendiri'. 

 

"Misalnya ada warung milik Muslimat, ditulis peracangan ini milik pengurus Muslimat. Bawahnya ditulis lebih afdhol belanja di kawan sendiri," tambahnya.

 

Menurutnya, upaya ini dilakukan tidak hanya sebagai cara untuk menunjukkan kesolidan berjamiyah. Tetapi juga sebagai upaya membantu mengembangkan usaha milik kader-kader NU.

  

Gus Makki berharap instruksinya bisa dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. "Mari buktikan NU bisa mandiri. Sudah saatnya untuk bersatu saling membantu, saatnya untuk meninggikan solidaritas sesama khodam Nahdlatul ulama," pungkasnya.


Editor:

Tapal Kuda Terbaru