• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 7 Desember 2022

Tapal Kuda

Ketua PCNU Banyuwangi Raih Penghargaan Tokoh Inspiratif Keberagaman 2021

Ketua PCNU Banyuwangi Raih Penghargaan Tokoh Inspiratif Keberagaman 2021
Gus Makki (tengah) saat menerima penghargaan. (Foto: NOJ/ Vina Yunda Safitri).
Gus Makki (tengah) saat menerima penghargaan. (Foto: NOJ/ Vina Yunda Safitri).

Banyuwangi, NU Online Jatim

Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Banyuwangi, H Moh Ali Makki Zaini atau Gus Makki mendapat penghargaan dari Jawa Pos Radar Banyuwangi sebagai tokoh inspiratif keberagaman 2021. 

 

Penghargaan diberikan atas dedikasi Gus Makki sebagai tokoh inspiratif organisasi masyarakat yang getol dan konsisten memperjuangkan toleransi keberagamaan di Kabupaten Banyuwangi.

 

Penghargaan ini diserahkan oleh General Manager Radar Banyuwangi, Bayu Saksono didampingi Pemimpin Redaksi M Syaifuddin Mahmud dan wartawan senior Dedy Jumhardiyanto di kantor Grha Pena Jawa Pos Radar Banyuwangi, Rabu (05/01/2022).

 

"Terima kasih kepada teman-teman Radar Banyuwangi. Penghargaan ini tidak hanya untuk saya pribadi, tapi juga untuk seluruh Pengurus Cabang NU Banyuwangi akan menjadi imun penambah semangat untuk lebih berkhidmat lagi. Tidak hanya bagi Nahdlyin saja, tetapi seluruh warga Banyuwangi," tutur Gus Makki saat wawancara di Studio Podcast Radar Banyuwangi.

 

Seperti diketahui bahwa derap langkah pengurus organisasi berlogo bumi dikelilingi tampar berbintang sembilan ini sangat dirasakan masyarakat Banyuwangi. Program kerja segenap pengurus NU, lembaga NU, dan Badan Otonom (Banom) NU di semua tingkatan menjadi satu gerakan yang nyata dalam visi Manunggaling Jamaah lan Jam’iyah.

 

Kehadirannya sangat dirasakan oleh seluruh elemen masyarakat Banyuwangi. Mulai dari bidang keagamaan, sosial, pemberdayaan ekonomi, olahraga, dan budaya.

 

”Organisasi itu dikatakan berjalan jika semua elemen di bawahnya berkegiatan dan bergerak laden-laden (melayani) masyarakat,” ungkap Gus Makki yang juga pengasuh Pondok Pesantren Bahrul Hidayah Srono ini.

 

Sementara General Manager Radar Banyuwangi, Bayu Saksono menyampaikan, penghargaan ini diberikan kepada tokoh-tokoh yang dipandang memberikan kontribusi kepada daerah. Termasuk kepada perkembangan maupun inovasi yang pengaruh dan manfaatnya dirasakan seluruh lapisan masyarakat. Sehingga ada perubahan perilaku masyarakat Banyuwangi menjadi lebih baik.

 

"Khusus dalam hal ini, untuk KH Ali Makki Zaini sebagai Ketua PCNU Banyuwangi, kami pandang layak sebagai tokoh yang berintegritas dan sangat konsen dalam bidang keagamaan, sosial budaya, dan kami punya parameter sehingga beliau layak karena memberikan semangat dan pengaruh besar bagi pemuda di Banyuwangi. Sehingga ikut antusias untuk peduli kepada masyarakat Banyuwangi," jelas Bayu.

  

Pada tahun 2020 lalu, Gus Makki juga mendapakatkan penghargaan sebagai tokoh pemersatu dan pendewasaan Banyuwangi atas perjuangannya menyatukan seluruh elemen masyarakat lintas agama, suku, dan budaya. 


Editor:

Tapal Kuda Terbaru