• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 18 Agustus 2022

Tapal Kuda

CBP Jatim Tekankan Peran Kader Masa Kini

CBP Jatim Tekankan Peran Kader Masa Kini
Kegiatan Buka Bersama dan Seminar Motivasi Bareng Komandan oleh CBP-KPP Kabupaten Pasuruan. (Foto: NOJ/ Rahma Salsabila)
Kegiatan Buka Bersama dan Seminar Motivasi Bareng Komandan oleh CBP-KPP Kabupaten Pasuruan. (Foto: NOJ/ Rahma Salsabila)

Pasuruan, NU Online Jatim
Dewan Koordinasi Cabang (DKC) Corp Brigade Pembangunan (CBP) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Korp Pelajar Putri (KPP) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kabupaten Pasuruan menggelar Buka Bersama dan Seminar Motivasi Bareng Komandan atau Bukber Semongko, Sabtu (30/04/2022).


Kegiatan tersebut dipusatkan di Madrasah Aliyah Ma'arif NU Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Pasuruan. Agenda yang mengusung tema ‘Recharge Spirit Komandan Menuju Permata Indonesia Progresif’ tersebut diikuti oleh seluruh kader CBP-KPP se-Kabupaten Pasuruan.


Komandan Dewan Koordinasi Wilayah (DKW) Corp Brigade Pembangunan (CBP) Jawa Timur, Hadi memberikan motivasi melalui cerita pengalaman dirinya ketika berproses di organisasi pelajar NU, utamanya CBP.


"Gerbang kaderisasi IPNU-IPPNU di Kabupaten Pasuruan ini bisa melalui 3 tahap, skill atau kemampuan, silsilah, serta kaderisasi murni. Dan saya sendiri termasuk yang pertama," ujar pria kelahiran tahun 1994 ini.


Menurutnya, salah satu tantangan yang dihadapi oleh CBP-KPP adalah kurangnya aktivitas koordinasi atau diskusi formal. Hal tersebut karena orientasinya sudah melekat dan kental dengan atmosfer di lapangan.


"Akibatnya, ketika menghadapi situasi seperti sekarang ini, di mana maraknya Covid-19 dan keterbatasan dalam melakukan kegiatan lapangan, gerak CBP-KPP juga ikut terbatas. Karena banyak program yang tidak bisa terealisasi," katanya.


Ia menegaskan, bahwa CBP-KPP hendaknya mulai merambah pada kegiatan non-lapangan. Sehingga ketika menghadapi situasi seperti saat ini bisa tetap aktif dan menunjukkan eksistensinya.


"Jadi, hari ini saya minta, CBP-KPP harus mulai masuk ke forum-forum dan peduli dengan materi non-lapangan. Tetapi tetap tidak meninggalkan kewajiban aslinya sebagai kader CBP-KPP," imbuhnya.


Sementara Ketua Pimpinan Cabang (PC) IPNU Kabupaten Pasuruan, Muhammad Imam Subondo menyampaikan apresiasinya atas kegiatan tersebut. Sebab, dalam kurun waktu yang cukup lama kader CPB-KPP se-Kabupaten Pasuruan baru dapat berkumpul dalam satu forum.


"Saya juga berharap bahwa CBP-KPP di Kabupaten Pasuruan lebih semangat lagi dalam berkhidmah dan mengawal segala kebijakan IPNU-IPPNU dengan baik," katanya.


Penulis: Khansa Kamila Aurellia Putri


Tapal Kuda Terbaru