• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 22 April 2024

Tapal Kuda

Gerak Cepat LPBINU Pasuruan Bantu Warga Terdampak Banjir

Gerak Cepat LPBINU Pasuruan Bantu Warga Terdampak Banjir
LPBINU Pasuruan menyerahkan bantuan kepada korban banjir. (Foto: NOJ/ Mokh Faisol)
LPBINU Pasuruan menyerahkan bantuan kepada korban banjir. (Foto: NOJ/ Mokh Faisol)

Pasuruan, NU Online Jatim

Sejumlah daerah di Kabupaten Pasuruan mengalami banjir akibat luapan air sungai pada Ahad (25/02/2024). Berdasarkan laporan Lembaga Penanggulangan Bencana Nahdlatul Ulama (LPBINU) Kabupaten Pasuruan, terdapat 1746 jiwa warga yang terdampak banjir di Kecamatan Winongan.

 

Ketua LPBINU Pasuruan, Sugeng Hariyadi mengatakan, pada pukul 13.00 WIB terjadi hujan deras di berbagai wilayah di Kabupaten Pasuruan. Sehingga terdapat daerah yang terdampak banjir khusus di Kecamatan Winongan.

 

"Sungai di Kecamatan Lumbang yang mengalir ke Kecamatan Rejoso meluap sehingga dampak kepada warga Winongan, ribuan rumah warga tergenang banjir malam ini hingga sekarang," ujarnya kepada NU Online Jatim.

 

Lebih lanjut, ia mengatakan pihaknya mengirimkan sejumlah bantuan berupa beras, air mineral, makanan, biskuit dan lainnya. "Hujan deras di daerah Kecamatan Puspo berakibat kepada warga di Desa Winongan dan Gondangwetan terkena banjir," ucapnya.

 

Sementara Wakil Ketua LPBINU Pasuruan, Aris Felani mengatakan, setelah bantuan datang pihaknya akan mendirikan dapur umum di Kecamatan Winongan yang nantinya akan dibagikan kepada warga terdampak.

 

"Adapun dusun yang terdampak yakni Diyunan sebanyak 20 KK, Pandean 94 KK, Serambi 99 KK, Kebondalem 50 KK, Cokropaten 52 KK, dan Desa Bandaran 582 KK," terangnya.

 

Mantan Sekretaris Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Pasuruan itu menyampaikan, LPBINU dan NU Peduli juga sedang melakukan koordinasi perihal kebutuhan obat-obatan untuk warga pasca terdampak banjir.

 

"Karena sudah masuk musim penghujan, harap warga waspada dengan selalu memantau perkembangan informasi dari Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU), Pemerintah Desa, dan warga di wilayah dataran tinggi," tandasnya.

 

Dirinya juga berharap kepada para donatur dapat berdonasi untuk meringankan warga terdampak banjir. Donasi dapat diserahkan di Kantor PCNU Pasuruan atau bisa juga ditransfer ke nomor rekening Bank BRI 006501001656565 a/n LAZISNU Kabupaten Pasuruan atau nomer rekening Bank Syariah Indonesia 1061599815 a/n LAZISNU Kabupaten Pasuruan.


Tapal Kuda Terbaru