• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 15 Agustus 2022

Tapal Kuda

Lewat Bahtsul Masail, Santri Nurul Jadid Jaga Tradisi dan Intelektual

Lewat Bahtsul Masail, Santri Nurul Jadid Jaga Tradisi dan Intelektual
Suasana bahtsul masail MAKNJ Paiton Probolinggo. (Foto: NOJ/Mokh Faisol)
Suasana bahtsul masail MAKNJ Paiton Probolinggo. (Foto: NOJ/Mokh Faisol)

Probolinggo, NU Online Jatim

Organisasi Siswa (Orsiwa) Madrasah Aliyah Kegamangan Nurul Jadid (MAKNJ) Paiton, Probolinggo menyelenggarakan Bahtsul Masail, Jumat (24/06/2022) di asrama setempat. Kegiatan ini bertujuan menjaga tradisi NU yang berkaitan dengan ilmu agama.

 

Naufal Zaki Maulana, Ketua Orsiwa MAKNJ mengatakan kegiatan ini menjadi sebuah kekayaan intelektual yang hanya dimiliki NU yang harus dirawat, dilestarikan serta dikembangkan

 

“Keberadaannya untuk menjawab permasalahan hukum yang terjadi di masyarakat. Dengan demikian kegiatan ini akan dilaksanakan secara trus menerus,” ungkapnya.

 

Zaki sapaaan akrabnya mengungkapkan, bahtsul masail turut mengambil keputusan dalam pengkajian hukum Islam mencakup persoalan fiqih, tauhid, dan tasawuf.

 

"Dengan bahtsul masail, para santri akan memiliki wawasan yang luas dan menganut asas demokratis yang kuat," ungkapnya.

 

Menurutnya bahtsul masail itu ilmiah. Dikaji secara akademik dan studi terdahulu. Maka hasilnya pun sah dan ilmiah dalam dunia akademis.

 

"Forum-forum bahtsul masail seringkali merujuk kepada pendapat ulama terdahulu dalam menyikapi sebuah masalah. Biasanya mereka menarik pendapat terdahulu dengan persoalan yang sedang terjadi saat ini bukan mengutip langsung Al-Qur’an dan hadist," terangnya.

 

Ia berharap, kegiatan semacam itu dapat melatih para santri dalam kelihaian memecahkan sebuah persoalan. Dirinya pun menyampaikan terima kasih kepada sejumlah pihak yang telah membantu pelaksanaan kegiatan ini.

 

"Terima kasih kepada pengurus dan keluarga besar Pondok Pesantren Nurul Jadid yang telah memfasilitasi dan mensukseskan kegiatan ini," tutupnya.


Tapal Kuda Terbaru