• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 22 April 2024

Tapal Kuda

LPBINU Pasuruan Dirikan Dapur Umum untuk Warga Terdampak Banjir

LPBINU Pasuruan Dirikan Dapur Umum untuk Warga Terdampak Banjir
Pengiriman logistik untuk dapur umum di Kecamatan Winongan. (Foto: NOJ/Mokh Faisol)
Pengiriman logistik untuk dapur umum di Kecamatan Winongan. (Foto: NOJ/Mokh Faisol)

Pasuruan, NU Online Jatim

Pengurus Cabang (PC) Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBINU) Kabupaten Pasuruan mendirikan dapur umum untuk warga yang terdampak banjir akibat hujan deras di Pasuruan, Senin (26/02/2023).


Wakil Ketua PC LPBINU Kabupaten Pasuruan, Aris Felani mengatakan, dapur umum menjadi salah satu penyuplai makanan siap konsumsi bagi warga yang terdampak banjir di Pasuruan.


Menurutnya, dapur umum yang didirikan oleh Banom NU di Kecamatan Winongan, Kabupaten Pasuruan itu menyiapkan masakan dengan menu bervariasi, mulai nasi telur, mie hingga tongkol.


"Kami dari LPBINU membantu menyuplai bahan makanan pokok dan menolong warga yang terdampak banjir khususnya di Kecamatan Winongan," ujarnya.


Mantan Sekertaris PC Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Kabupaten Pasuruan tersebut menjelaskan, pendirian dapur umum hanya dilakukan di Kecamatan Winongan, karena di sana yang paling parah, sehingga membutuhkan suplai makanan.


"Selain Kecamatan Winongan ada sebagian daerah yang terdampak banjir di antaranya Kecamatan Grati, namun tidak terlalu parah dan sudah kami sediakan prau," terangnya.


Jumlah nasi yang di bagikan adalah 1000 bungkus kepada warga yang terdampak banjir di Kecamatan Winongan, sementara di Kecamatan Grati tepatnya di Dusun Kebruan kita beri 200 bingkisan kepada warga yang terdampak banjir.


Dirinya bersyukur karena dalam banjir kali ini tidak ada korban jiwa dan warga yang mengungsi atau yang sakit sakit-sakitan. Oleh karena itu dirinya mengimbau kepada masyarakat untuk tetap berhati-hati dan selalu waspada.


Ia juga berharap kepada para donatur dapat berdonasi untuk meringankan warga yang terdampak banjir. Donasi dapat diserahkan di Kantor PCNU Pasuruan atau bisa juga ditransfer ke nomor rekening Bank BRI 006501001656565 a/n LAZISNU Kabupaten Pasuruan atau nomer rekening Bank Syariah Indonesia 1061599815 a/n LAZISNU Kabupaten Pasuruan.


Tapal Kuda Terbaru