• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 29 Mei 2024

Tapal Kuda

Pesantren Nurul Jadid Penyokong Ekonomi Kerakyatan dan Pendidikan Berkualitas

Pesantren Nurul Jadid Penyokong Ekonomi Kerakyatan dan Pendidikan Berkualitas
Halal Bihalal Pondok Pesantren Nurul Jadid. (Foot: NOJ/ist)
Halal Bihalal Pondok Pesantren Nurul Jadid. (Foot: NOJ/ist)

Probolinggo, NU Online Jatim

Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton, Probolinggo menggelar Halal Bihalal bersama Forkopimda Kabupaten Probolinggo, Jumat (19/04/2023). Pj Bupati Probolinggo Ugas Irwanto memuji kepedulian Pesantren Nurul Jadid dalam pengengambangan ekonomi kerakyatan, sehingga banyak memberikan kontribusi positif terhadap masyarakat di daerah itu. 

 

Ugas menegaskan bahwa setiap mendengarkan ceramah KH Abdul Hamid Wahid, Kepala Pondok Pesantren Nurul Jadid, pasti tidak akan lepas dari pembahasan mengenai masalah ekonomi kerakyatan.

 

"Beliau sangat peduli, karena memang saat ini untuk menjadi negara besar, salah satu penopang yang harus kuat adalah ekonomi," katanya.

 

Pj Bupati Probolinggo itu menukil hadits nabi yang berbunyi carilah ilmu meskipun ke negeri China yang ternyata kini, China menjadi kekuatan ekonomi terbesar kedua di dunia.

 

"Sejak saya menjabat Pj Bupati Probolinggo, Pesantren Nurul Jadid terus memberikan banyak dukungan terkait program yang dijalankan oleh pemerintah kabupaten," ujar Ugas.

 

Dari itu, pimpinan yang ada di Pemerintah Kabupaten Probolinggo, termasuk Kaporlres, Dandim dan Kajari, menyampaikan terima kasih kepada Pesantren Nurul Jadid yang selama ini ikut memberi andil dalam menjaga kondusivitas di masyarakat.

 

"Pondok Pesantren Nurul Jadid luar biasa, suaranya selalu didengar oleh masyarakat, sehingga kalau Nurul Jadid sudah menggemakan sesuatu, masyarakat pasti ikut," terangnya.

 

Mantan Sekda Pemkab Probolinggo ini juga menyingnggung tentang Pemilu 2024, baik Pilpres maupun Pileg yang berlangsung aman di Kabupaten Probolinggo.

 

"Pilpres dan Pileg di Kabupaten Probolinggo cukup kondusif, aman, dan terkendali. Kapolres, Dandim, dan Kajari tidak repot-repot dan tidak terlalu capek, karena para kiai, nyai, ustadzah, ustadz, ikut menyukseskan pelaksanaan pemilu berjalan damai," ucapnya.

 

Ugas menambahkan, sejak dirinya menjadi sekda, telah banyak dukungan dari Pondok Pesantren Nurul Jadid, sehingga sangat mudah menjalankan program pembangunan untuk kemaslahatan masyarakat. Karena itu, Forkopimda berterima kasih kepada seluruh insan di Pondok Pesantren Nurul Jadid. 

 

"Semua masyarakat di Probolinggo mendengarkan suara-suara para kiai dan para tokoh," tambahnya.

 

Ia juga menegaskan, kalau Kabupaten Probolinggo ingin kondusif, maka kita sebagai masyarakat dan tokoh harus saling menghormati, saling memaafkan. "Kalau kita saling menghormati, saling memaafkan, insya Allah Probolinggo akan tetap kondusif apalagi di tahun politik seperti sekarang ini," terangnya.


 
Ugas kembali menyampaikan apresiasi kepada Pondok Pesantren Nurul Jadid yang telah menjalankan pendidikan berbasis keagamaan dengan sangat baik.

 

"Saat ini pesantren telah menjadi pendidikan favorit para orang tua dan masyarakat. Pesantren tak hanya mengajarkan pendidikan agama, melainkan juga pelajaran umum, dan hal ini telah dicontoh oleh lembaga pendidikan nonpesantren," pungkasnya.

 

Penulis: Ponirin Mika


Tapal Kuda Terbaru