• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 1 Desember 2022

Tapal Kuda

Ratusan Santri TPQ di Bawah Naungan LP Ma'arif NU Diwisuda

Ratusan Santri TPQ di Bawah Naungan LP Ma'arif NU Diwisuda
Para santri TPQ di bawah naungan LP Ma'arif NU Situbondo saat mengikuti wisuda. (Foto: Istimewa)
Para santri TPQ di bawah naungan LP Ma'arif NU Situbondo saat mengikuti wisuda. (Foto: Istimewa)

Situbondo, NU Online Jatim
Pengurus Cabang Rabithah Ma'ahid Islamiah Nahdlatul Ulama (RMINU) dan Lembaga Pendidikan Ma'arif (LP Ma'arif) Situbondo mengadakan wisuda santri Taman Pendidikan Al-Qur;an (TPQ) di Kampus Sekolah Tinggi Agama Islam Nurul Huda pada Ahad (20/03/2022). Kegiatan ini diikuti 479 siswa-siswi TPQ se Kabupaten Situbondo.
 

Hadir dalam kegiatan itu, Ketua PCNU Situbondo, KH Muhyiddin Khatib, Ketua PC RMINU Situbondo KH Abdul Fatah, dan para tim Minaqis. Salah satunya Pengasuh Ponpes Nurul Huda, Habib Muhammad Taufiq.
 

Ketua Panitia Wisuda Khatmil Quran ke-28 , Ustadz Pagianto mengatakan, kegiatan sakral tersebut rutin dilaksanakan setiap tahun. Siswa yang diwisuda berasal dari TPQ yang ada di bawah naungan LP Ma'arif NU Situbondo. 
 

"Kami bersyukur acara wisuda bisa ditempatkan di Pendopo Kampus Sekolah Tinggi Agama Islam Nurul Huda.  Alhamdulillah, bantuan yang diberikan oleh para santri, tim pengurus yayasan dan Pengasuh Pondok Pesantren Nurul Huda," ungkapnya.
 

Sementara itu, Perwakilan Tim Munaqis, Zainul Holiq Faqih mengatakan bahwa peserta pelaksanakan wisuda ke-28 merupakan perwakilan dari 2 wilayah. Yakni Wilayah Barat mulai dari Kapongan sampai Kendit, dan Wilayah Timur dari Arjasa hingga Banyuputih. Sementara dari Besuki dan Banyuglugur masih tidak bisa bergabung dikarenakan belum ada TPQ. 
 

"Sudah 28 tahun kita istiqamah dalam mewisuda ratusan siswa TPQ se Situbondo. Namun karena kondisi kali ini masih dalam keadaan pandemi Covid-19, panitia terus mengimbau penerapan protokol kesehatan (Prokes).  Seperti tidak berkerumun dan jaga jarak pada saat prosesi wisuda berlangsung," ucapnya. 
 

Harapannya, pasca pelaksanaan wisuda bisa tercetak siswa-sisiwi yang unggul. "Sehingga kedepan bisa terus maju dan menjadi pribadi yang baik," tuturnya.
 

Selain itu, dalam kesempatan tersebut, KH Muhyiddin Khatib mengapresiasi kerja keras para pengurus TPQ dan pengurus lembaga RMI serta LP Ma'arif yang sudah bersumbangsih mengajar para siswa siswi.
 

"Luar biasa Kerja Keras para pengajar dan pengurus baik RMI dan LP Ma'arif yang telaten dalam mengajarkan Al Qur'an dan dasar dasar Aswaja kepada para siswa siswi yang saat ini di wisuda," ujarnya.
 

 

"Semoga para siswa siswi yang di wisuda kelak akan menjadi penerus perjuangan para Ulama NU dalam menyebarkan dan mempertahankan aqidah ahlussunah wal Jamaah," tandasnya.


Editor:

Tapal Kuda Terbaru