• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 22 Februari 2024

Tapal Kuda

Ribuan Santri dari Puluhan Pesantren di Lumajang Ikuti Apel Hari Santri

Ribuan Santri dari Puluhan Pesantren di Lumajang Ikuti Apel Hari Santri
Apel Hari Santri di Kabupaten Lumajang, Sabtu (22/10/2022). (Foto: NOJ/ Sufyan Arif)
Apel Hari Santri di Kabupaten Lumajang, Sabtu (22/10/2022). (Foto: NOJ/ Sufyan Arif)

Lumajang, NU Online Jatim

Apel hari santri nasional 2022 di Lumajang berlangsung meriah. Hal itu tampak saat iring-iringan santri, baik yang jalan kaki atau pun rombongan menaiki mobil datang berbondong-bondong memasuki Alun-alun Lumajang untuk mengikutu apel hari santri, Sabtu (22/10/2022). Santri yang hadir pada apel Hari Santri ini berasal dari puluhan pesantren yang ada di Lumajang.


Apel hari santri kali ini dipimpin langsung oleh H Muhammad Muslim, Kepala Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Lumajang. Dan turut dihadiri sejumlah pejabat Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Kabupaten Lumajang dan sejumlah pengurus NU, Lembaga dan Banomnya.


Ikhwanul Muttaqin, Ketua Panitia Hari Santri mengatakan, santri yang ikut upacara dibagi menjadi 40 pleton lebih karena membludaknya yang hadir. Antusiasme ini menurut Ikhwan, karena apel ini bisa dikatakan apel pertama kali semenjak di Indonesia dilanda Pandemi Covid-19.


"Tercatat ada 16 pesantren yang mengirimkan puluhan bahkan ratusan santrinya untuk ikut apel, total ada hampir 2000 santri yang ikut. Semuanya sangat bersemangat meskipun cuaca panas tapi bisa mengikuti sampai selesai," jelas Ikhwan.


Ikhwan menambahkan, sebenarnya jumlah peserta apel bisa lebih dari itu. Namun karena dibatasi, maka tidak semua pesantren ikut apel Hari Santri di Alun-alun dan banyak juga yang memilih melaksanakn upacara sendiri di pesantren masing-masing.


"Kalau jumlah total santri yang melaksanakan apel, baik di sini atau pun pesantren masing-masing tentunya jumlahnya puluhan ribu santri. Ada juga yang melaksanakan sendiri dan juga mengirimkan sebagian santrinya ke sini," imbuh Ikhwan.


Ikhwan berterima kasih kepada semua pihak yang turut mensukseskan acara tersebut. Terutama bagi para pengasuh pesantren yang tanpa kehadiran santri maka acara apel tersebut tidak akan semeriah ini.


"Terutama bagi Pemerintah Kabupaten Lumajang yang selalu mendukung, berkordinasi untuk suksesnya acara dan giat hari santri," tandasnya.


Editor:

Tapal Kuda Terbaru