• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 1 Oktober 2022

Tapal Kuda

Songsong 1 Abad NU, JQHNU Lumajang Kebut Bangun Gedung Qur'an Center

Songsong 1 Abad NU, JQHNU Lumajang Kebut Bangun Gedung Qur'an Center
Proses pembangunan Gedung Qur'an Center oleh PC JQHNU Lumajang. (Foto: NOJ/ Sufyan Arif)
Proses pembangunan Gedung Qur'an Center oleh PC JQHNU Lumajang. (Foto: NOJ/ Sufyan Arif)

Lumajang, NU Online Jatim
Pimpinan Cabang (PC) Jam'iyyatul Qurra' wal Huffadz Nahdlatul Ulama (JQHNU) Lumajang terus mengebut pembangunan Gedung Qur'an Center yang ada di Gang Rengganis Kelurahan Tompokersan Lumajang. Hal ini dilakukan agar bisa segera diluncurkan tepat pada rangkaian 1 abad NU.


Ketua PC JQHNU Lumajang, Gus Muhammad Ilyas menuturkan, proses pembangunan yang mulai digarap satu bulan yang lalu ini cukup baik dan lancar. Ia optimis dua bulan ke depan gedung tersebut siap diluncurkan dan dioperasikan untuk berbagai macam kegiatan.


"Rencana gedung ini kita bangun sampai lantai tiga, namun untuk tahap awal kami fokus dulu menyelesaikan lantai satu, syukur-syukur selesai dengan lantai duanya, kami tidak muluk-muluk. Dan nanti bisa segera diluncurkan sebagai rangkaian kegiatan 1 abad NU di Lumajang," jelasnya saat dikonfirmasi NU Online Jatim, Kamis (11/08/2022).


Pengasuh Pondok Pesantren Madinatul Qur'an Lumajang ini mengatakan, Gedung NU Center yang dibangun ini sebenarnya sudah direncanakan tiga tahun lalu sebagai amanat konferensi. Namun, baru bisa terealisasi hari ini karena terkendala keadaan.


"Alhamdulillah, bisa selesai pengecoran lantai dua kemarin, terima kasih kepada semua pihak yang membantu, terutama Pemerintah Kabupaten Lumajang dan masyarakat sekitar," imbuh Gus Ilyas yang seorang Hafidz Qur'an ini.


Gus Ilyas menyebutkan, Gedung Qur'an Center ini merupakan Gedung Qur'an Center satu-satunya yang dimiliki JQHNU di tingkat Cabang se-Jawa Timur, atau bahkan di seluruh cabang JQHNU di Indonesia.


"Nanti bisa segera digunakan untuk kantor sekretariat, pusat pembinaan tilawah, tahfidz, kaligrafi dan juga untuk pusat pembinaan calon guru ngaji Metode Tartila," tegasnya.


Senada dengan Gus Ilyas, Panitia Pengarah peringatan 1 Abad NU di Lumajang, KH Akhmad Syaikh berharap besar dengan adanya Gedung Qur'an Center JQHNU Lumajang ini bisa menjadi pusat kajian dan pengembangan berbagai cabang ilmu Al-Qur’an, terutama Ilmu Tafsir.


"Harapannya, dengan itu semua menjadikan momentum satu abad ini dimanfaatkan sebagai kebangkitan menuju kedigdayaan sebagaimana tema 1 Abad NU," tandasnya.


Tapal Kuda Terbaru