• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 7 Oktober 2022

Tapal Kuda

Tingkatkan Kompetensi Guru, Muslimat NU Pasuruan Adakan Pelatihan Keprofesian

Tingkatkan Kompetensi Guru, Muslimat NU Pasuruan Adakan Pelatihan Keprofesian
Pelatihan Pendidikan Pengembangan Keprofesian yang diadakan PC Muslimat NU Kabupaten Pasuruan. (Foto: NOJ/ Rahma Salsabila)
Pelatihan Pendidikan Pengembangan Keprofesian yang diadakan PC Muslimat NU Kabupaten Pasuruan. (Foto: NOJ/ Rahma Salsabila)

Pasuruan, NU Online Jatim

Pimpinan Cabang (PC) Muslimat Nahdlatul Ulama Kabupaten Pasuruan mengadakan pelatihan Pendidikan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan berbasis Literasi-Numerasi untuk guru Raudhatul Athfal (RA)/Taman Kanak-kanak (TK), Selasa (02/11). Kegiatan ini dilaksanakan di aula KH Aljufri gedung Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Pasuruan.

 

Adapun kegiatan ini dibuka oleh Ketua PC Muslimat NU Kabupaten Pasuruan, Hj Aida Fitriati. Ia juga merupakan salah satu anggota DPRD Jatim.

 

Ning Tufah atau yang akrab dipanggil Bu Ning, Koordinator bidang Pendidikan PC Muslimat NU Kabupaten Pasuruan menuturkan bahwa pelatihan ini merupakan hasil analisa kebutuhan pengajar dan peserta didik di wilayahnya.

 

“Kami berusaha mencari isu di dunia pendidikan, kemudian memusyawarahkan hal yang bisa kita berikan untuk menanggapi isu tersebut, terlebih karena PC Muslimat ini menaungi sekitar 319 TK/RA se- Kabupaten Pasuruan,” jelasnya.

 

Lebih lanjut, wanita yang juga menjadi pengawas Sekolah Dasar (SD) tersebut memaparkan jika pembelajaran berbasis literasi-numerasi sangat dibutuhkan di masa sekarang. Hal tersebut merupakan hasil perbincangan dan pencarian informasi dari beberapa kepala sekolah di Kabupaten Pasuruan.

 

“Semenjak Menteri Pendidikan Nadiem Anwar Makarim menggaungkan merdeka belajar, Ujian Nasional (UN) yang sejak 2021 diganti menjadi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) ini memuat soal-soal yang menuntut siswa untuk mempunyai keterampilan literasi dan numerasi,” kata Bu Ning.

 

Menurutnya, kemampuan literasi yang meliputi membaca, menyimak, memahami, dan menalar. Sedangkan kemampuan numerasi meliputi berhitung dan mengaplikasikan angka-angka perlu dikenalkan sejak dini kepada anak didik.

 

“Dalam peraturan yang berlaku, kita tidak boleh menyuruh anak didik setingkat RA/TK untuk membaca dan berhitung, akan tetapi bisa dikenalkan sesuai dengan usia dan kemampuan mereka. Sehingga, dengan inisiatif ini, anak didik dapat mengenal literasi-numerasi tanpa mereka sadari,” imbuhnya.

 

Kegiatan yang dilaksanakan dari pukul 08.00 hingga 12.00 WIB dengan diikuti sejumlah 75 orang ini mendorong antusias guru-guru TK/RA. “Selama berlangsungnya pelatihan, para peserta begitu senang dan menunjukkan antusiasnya yang luar biasa sekali,” ujar Bu Ning.

 

 

Sebagai program lanjutan dari pelatihan ini, Koordinator bidang Pendidikan PC Muslimat Kabupaten Pasuruan itu menuturkan bahwa akan dilaksanakan lomba literasi-numerasi di sekolah-sekolah yang berada dalam naungan PC Muslimat NU.


Editor:

Tapal Kuda Terbaru