• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 31 Januari 2023

Tapal Kuda

Tingkatkan SDM, Pagar Nusa Kota Probolinggo Gelar Diklat Pelatih

Tingkatkan SDM, Pagar Nusa Kota Probolinggo Gelar Diklat Pelatih
Suasana Diklat Pelatih Cabang yang diadakan oleh PC PSNU Pagar Nusa Kota Probolinggo. (Foto: NOJ/ Ade Nurwahyudi)
Suasana Diklat Pelatih Cabang yang diadakan oleh PC PSNU Pagar Nusa Kota Probolinggo. (Foto: NOJ/ Ade Nurwahyudi)

Probolinggo, NU Online Jatim
Pimpinan Cabang (PC) Pencak Silat Nahdlatul Ulama (PSNU) Pagar Nusa Kota Probolinggo mengadakan Diklat Pelatih Cabang guna meningkatkan SDM dan kualitas pelatih. Kegiatan tersebut dipusatkan di Aula Panti Asuhan NU Kota Probolinggo, Sabtu-Ahad (05-06/11/2022).


Ketua PSNU Pagar Nusa Kota Probolinggo, Wakit menjelaskan, sebagai banom NU yang berbasis profesi, Pagar Nusa berkewajiban menjadi organisasi yang profesional dalam setiap tugas pokok dan fungsinya. Oleh karenanya, pihaknya mengadakan diklat pelatih Pagar Nusa.


"Sebab, organisasi sangat ditentukan oleh kualitas pelatih, yang menjadi ujung tombak pembentukan dan pembinaan kader di lapangan," katanya.


Ia menyebutkan, maksud dan tujuan diadakan kegiatan itu adalah untuk meningkatkan SDM serta kualitas pelatih. Hal itu sebagai langkah dalam mengoptimalkan khidmah kepada Nahdlatul Ulama.


"Peserta yang ikut harus lolos seleksi dalam Uji Kemampuan Dasar Kepagarnusaan, dan yang lolos berjumlah 25 orang," katanya.


Menurutnya, diklat dilakukan untuk menggali pengetahuan dan potensi seni, budaya, serta bela diri dalam pencak silat yang telah ditentukan dalam Munas 2 Pagar Nusa pada tahun 2001 lalu.


“Kemudian para peserta setelah mengikuti diklat itu berkewajiban mengembangkan hasil diklatnya di tempat latihan masing-masing,” ungkapnya.


Bahkan, para pelatih akan berkompetisi untuk membentuk atletnya agar andal dan profesional. “Dan untuk mewadahi itu, Pimpinan Cabang akan melaksanakan Festival Pencak Silat bulan Januari 2023 mendatang, dalam rangka memperingati Hari lahir (Harlah) Pagar Nusa dan Harlah NU,” tegasnya.


Diketahui, instruktur diklat pelatih tersebut mendatangkan dari Puslatsus Pagar Nusa Surabaya. Adapun kegiatan itu diikuti puluhan peserta dari perwakilan Pimpinan Anak Cabang (PAC), Pimpinan Ranting (PR) hingga Pimpinan Rayon Pagar Nusa Se-Kota Probolinggo.


Tapal Kuda Terbaru