• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 29 Mei 2024

Tapal Kuda

Yuk Daftar Ski Lot, Budaya Lebaran Khas Lekok Pasuruan

Yuk Daftar Ski Lot, Budaya Lebaran Khas Lekok Pasuruan
Pelaksanaan lomba Ski Lot di Kecamatan Lekok, Kabupaten Pasuruan. (Foto: NOJ/Pemkab Pasuruan)
Pelaksanaan lomba Ski Lot di Kecamatan Lekok, Kabupaten Pasuruan. (Foto: NOJ/Pemkab Pasuruan)

Pasuruan, NU Online Jatim

Ski Lot merupakan perayaan untuk memeriahkan lebaran ketujuh atau yang populer dengan sebutan Hari Raya Ketupat. Ski lot sudah ada sejak puluhan tahun silam.


Secara bahasa, Ski lot berasal dari Ski yang artinya berselancar dan Lot atau Celot dalam bahasa Madura yang artinya lumpur. Jadi, Ski Lot ialah berselancar di atas lumpur.


Tahun ini panitia Ski lot membuka pendaftaran untuk lomba tersebut, caranya gampang cukup hubungi Ahmad Dikri dengan nomor +62 831-3362-1418. Acara tersebut akan digelar di Desa Tambak, Kecamatan Lekok, Kabupaten Pasuruan pada Rabu (17/04/2024) mendatang.


Ipung salah satu warga Lekok mengatakan, sebelum terkenal seperti sekarang, tradisi Ski Lot awalnya berasal dari rutinitas para nelayan yang mencari kerang dan rajungan di laut dengan menggunakan papan. 


"Dengan sangat bahagia, mereka berlomba-lomba di tepi pantai hanya untuk mendapatkan hasil tangkapan yang paling banyak," ujarnya kepada NU Online Jatim, Ahad (14/04/2024).


Namun, seiring dengan perkembangan zaman apa yang dilakukan oleh para nelayan ini akhirnya menjadi semacam tradisi yang dilombakan setiap tahunnya dan dapat disaksikan oleh para pengunjung yang duduk di pinggiran arena ski.


"Peralatan Ski lot ini terdiri atas papan luncur yang panjnagnya 1,5 meter dan lebarnya 0,5 meter. Papan luncur ini sedianya merupakan alat untuk mencari kerang bagi warga pesisir pantai," terangnya.


Sementara Kholik pemuda asal Kecamatan Lekok mengungkapkan, adapun rangkaian acara di Desa Tambak adalah lomba di atas tali, lomba dayung, lomba pinalti dan Ski lot. Untuk menyambut tasyakuran desa terdapat empat rangakaian lomba yang bisa daftar secara gratis dan berbayar, tentu dengan hadiah Rp 100.000 - Rp 1.500.000.


​​​​​​​Menurutnya, tradisi ini sudah turun temurun dan akan tetap dilestarikan meskipun sudah era modern. "Tradisi ini dimulai dari jam 8 pagi sampai jam 11 siang yang mana pesertanya terdiri dari beberapa desa dalam satu kecamatan yaitu Kecamatan Lekok," tutupnya.


Tapal Kuda Terbaru