• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 8 Februari 2023

Jujugan

Terasi Puger Khas Jember Punya Cita Rasa Otentik

Terasi Puger Khas Jember Punya Cita Rasa Otentik
Terasi Puger khas Kabupaten Jember. (Foto: NOJ/ Habib Aziz Ar Rozi)
Terasi Puger khas Kabupaten Jember. (Foto: NOJ/ Habib Aziz Ar Rozi)

Jember, NU Online Jatim
Kabupaten Jember memiliki olahan terasi yang cukup terkenal bagi pecinta sambal, yakni Terasi Puger. Karena cita rasanya yang otentik, olahan khas nelayan menjadi rekomendasi untuk buah tangan dari kabupaten yang memiliki julukan Kota Pandhalungan ini.


Puger sendiri merupakan nama sebuah kecamatan di pesisir selatan Kabupaten Jember. Daerah ini terkenal dengan hasil lautnya yang melimpah, salah satunya udang rebon yang menjadi bahan dasar pembuatan olahan terasi.


Terasi Puger menggunakan bahan dasar udang rebon kecil berukuran 1-3 senti meter yang masih segar. Udang rebon tersebut dilakukan fermentasi sehingga berbentuk adonan. Pembuatannya yang tergolong tradisional membuatnya memiliki rasa khas tersendiri.


Cara membuatnya yaitu udang rebon segar dijemur hingga kering, lalu dihaluskan dengan cara ditumbuk. Usai ditumbuk, lalu kembali dijemur hingga kemudian dicetak. Sebelum dikonsumsi untuk olahan masakan, ada baiknya terasi dibakar terlebih dahulu.


Aroma terasi yang khas menambah sensasi tersendiri jika diolah dalam masakan dengan porsi yang cukup, seperti sambal, tumis kangkung, kepiting bumbu terasi, nasi goreng, sayur lodeh, sayur asem, jengkol balado dan lain sebagainya.


Manfaat terasi selain penyedap rasa masakan, juga dapat meningkatkan nafsu makan, menguatkan tulang, gigi, dan menambah protein.


Di daerah Puger sendiri banyak berdiri industri rumahan terasi yang dikelola ratusan pengrajin. Karena kualitasnya, Terasi Puger memiliki kualitas ekspor hingga berbagai daerah.


Harga yang ditawarkan bervariasi, tergantung dari kualitas terasinya. Untuk kualitas biasa dijual dengan kisaran Rp50 ribu per kilogram. Sedangkan kualitas super, dibanderol kisaran harga Rp100 ribu.


Bagi Anda yang ingin mencobanya, bisa langsung datang ke lokasi di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Jalan Mandaran, Desa Puger Wetan, Kecamatan Puger, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Terasi Puger juga dapat Anda beli secara online di berbagai marketplace.


Jujugan Terbaru