• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 30 September 2022

Kediri Raya

FIPS UNU Blitar Kerja sama dengan RRI Yogyakarta, Ini Tujuannya

FIPS UNU Blitar Kerja sama dengan RRI Yogyakarta, Ini Tujuannya
Penandatanganan MoU antara FIPS UNU Blitar dengan RRI Yogyakarta. (Foto: NOJ/ Ika Nur Fitriani)
Penandatanganan MoU antara FIPS UNU Blitar dengan RRI Yogyakarta. (Foto: NOJ/ Ika Nur Fitriani)

Blitar, NU Online Jatim

Fakultas Ilmu Pendidikan dan Sosial (FIPS) Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Blitar menjalin kerja sama dengan Radio Republik Indonesia (RRI) Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Kerja sama tersebut tertuang dalam Memorandum of Understanding (MoU) yang sudah ditanda tangani kedua belah pihak, Selasa (19/07/2022)..  


Dekan FIPS UNU Blitar, Cindya Alfi menuturkan, adannya MoU ini sesuai dengan aspek-aspek yang ada dalam ‘Tri Dharma Perguruan Tinggi’ yakni pengajaran, penelitian dan pengabdian. FIPS UNU Blitar dalam hal pengajaran akan bekerja sama dengan melakukan kunjungan setiap tahunnya.


“Hal tersebut untuk memberikan wawasan kepada mahasiswa, sekaligus bisa praktik jurnalistik, seperti yang telah dilakukan oleh prodi Pendidikan Bahasa Indonesia,” ungkapnya.


Terkait aspek penelitian dan pengabdian, pihaknya berharap staf serta mahasiswa dapat berkontribusi secara aktif, salah satunya bisa menjadi narasumber dalam kegiatan atau konten yang dilaksanakan oleh RRI.


“Begitu pula sebaliknya, ketika dalam kegiatan penelitian dan pengabdian dan kami membutuhkan narasumber yang mumpuni, kami bisa mendatangkan pihak RRI sehingga nilai tri dharma perguruan tinggi dapat terpenuhi,” jelasnya.


Menurutnya, RRI sebagai mitra memiliki berbagai keunggulan. Salah satunya konsistensi untuk mengangkat budaya lokal, dan ini menjadi isu strategis utamanya untuk generasi muda saat ini.


Selain itu, RRI merupakan salah satu media dengan jangkauan pendengar yang cukup luas di seluruh Indonesia. Hal ini akan berdampak positif untuk mengenalkan dan melebarkan sayap UNU Blitar sebagai lembaga pendidikan yang berkompeten dari kalangan Nahdliyin.


​​​​Cindy juga menambahkan, MoU ini tak sekadar tanda tangan hitam di atas putih, tetapi antara FIPS UNU Blitar dan RRI memiliki komitmen untuk berkolaborasi mengisi konten yang bermanfaat.


“Di antaranya konten pemberdayaan masyarakat, siaran identitas keindonesiaan, ensiklopedi budaya Indonesia serta pusat kreativitas anak muda yang bisa diisi oleh mahasiswa FIPS UNU Blitar,” imbuhnya.


Hal tersebut menjadi kabar baik untuk para mahasiswa, karena dengan adanya kolaborasi ini mahasiswa dapat mengembangkan kompetensi melalui bidangnya masing-masing.


“Misal, Prodi Pendidikan Olahraga dapat mengisi konten bincang sehat, selain itu juga konten edukasi yang dapat di sesuai dengan prodi, dan diharapkan semuanya dapat berkontribusi,” pungkasnya.


Ke depannya, FIPS UNU Blitar selaku lembaga pendidikan bersama RRI sebagai lembaga penyiaran berharap dapat berkomitmen dan memberikan konten edukatif sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia.


Editor:

Kediri Raya Terbaru