• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 7 Februari 2023

Kediri Raya

Ikuti, IPNU-IPNU Blitar Bakal Gelar Festival Banjari se Jatim

Ikuti, IPNU-IPNU Blitar Bakal Gelar Festival Banjari se Jatim
Flyer Festival Banjari yang digelar PC IPNU-IPPNU Kabupaten Blitar. (Foto: NOJ/ ISt)
Flyer Festival Banjari yang digelar PC IPNU-IPPNU Kabupaten Blitar. (Foto: NOJ/ ISt)

Blitar, NU Online Jatim

Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kabupaten Blitar bakal menggelar Festival Shalawat Al-Banjari tingkat Jawa Timur. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan di Lapangan Bendosewu, Desa Bendosewu, Kecamatan Talun, Kabupaten Blitar pada 14 Februari 2023 mendatang.


Direktur Lembaga Student Crisis Center (SCC) PC IPNU Kabupaten Blitar, Muhammad Mahmud Muafiq mengatakan, Festival Banjari sangat menarik dan setiap daerah memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri.


"Kegiatan ini merupakan upaya kami dalam rangka memperingati 1 Abad NU, serta menyambut perhelatan Konfercab PCNU Kabupaten Blitar pada bulan Februari mendatang," ujarnya.


Dikatakan, Shalawat Al-Banjari merupakan jenis musik religi rebana yang sangat diminati para kawula muda, eksistensinya tidak luntur termakan zaman. Makanya, dalam tradisi-tradisi dan peringatan hari bersejarah Islam, hadrah menjadi tradisi dan diyakini memiliki keterkaitan dengan perkembangan penyebaran agama Islam.


"Makanya, dengan digelarnya Festival Banjari ini selain melatih skill, kami berharap generasi muda saat ini senantiasa mencintai lantunan shalawat," terangnya.


Kepada NU Online Jatim, pihaknya menginformasikan syarat dan ketentuan dalam Festival Banjari tersebut, meliputi:


1. Mengisi formulir link pendaftaran s.id/FesBanPCIPNUIPPNUBLITAR
2. Jumlah personil maksimal 10 orang
3. Alat disediakan panitia
4. Penampilan maksimal 10 menit
5. Setiap grup menampilkan 3 lagu;
(a). Lagu jingle dengan kata wajib '1 Abad NU dan Konfercab PCNU Kabupaten Blitar'
(b). Lagu berbahasa Arab bebas (wajib ibtihal)

6. Peserta wajib mengumpulkan teks lagu yang akan dibawakan
7. Peserta wajib melengkapi biaya administrasi
8. Ketentuan tidak tertulis akan dijelaskan pada saat Juknis dan Technical  Meeting.


"Pendaftaran dibuka pada tanggal 20 Januari 2023 - 4 Februari 2023. Kegiatannya akan dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2023 mendatang," terang Afiq, sapaan akrabnya.


Sekadar informasi, peserta terbaik akan mendapatkan piagam penghargaan berupa tropi, sertifikat serta uang tunai. Sementara kategori juara yang dicanangkan yaitu juara terbaik 1, 2, 3, 4, dan 5, serta Best Jingle.


Disebutkan, festival tersebut bersifat umum. Semua elemen mempunyai kesempatan untuk mengikuti kompetisi ini, baik itu santri, kader NU, maupun khalayak umum.


"Saya berharap acara ini menjadi energi positif bagi generasi muda sebagai sarana dakwah kekinian yang diakulturasikan dengan tradisi terdahulu," pungkasnya.


Kediri Raya Terbaru