• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 2 Desember 2022

Metropolis

Festival Banjari se-Bawean Diumumkan, Berikut Pemenangnya

Festival Banjari se-Bawean Diumumkan, Berikut Pemenangnya
Pengumuman pemenang festival banjari yang digelar oleh PC GP Ansor Bawean. (Foto: NOJ/ Aminuddin)
Pengumuman pemenang festival banjari yang digelar oleh PC GP Ansor Bawean. (Foto: NOJ/ Aminuddin)

Gresik, NU Online Jatim
Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Bawean menggelar festival banjari se-Bawean. Pada momen pembukaan Pekan Olahraga Seni Ma'arif (Porsema) ke-XIV, pemenang festival banjari diumumkan. Kegiatan tersebut dipusatkan di Alun-alun Kecamatan Sangkapura, Kabupaten Gresik, Ahad (26/06/2022).


Ketua PC GP Ansor Bawean, Syafi'e menuturkan, festival banjari tersebut dilaksanakan untuk untuk memeriahkan Hari Lahir (Harlah) GP Ansor ke-88. Pihaknya mengaku mengumumkan dan memberikan hadiah belakangan berselang 25 hari setelah pelaksanaan untuk menunggu partisipasi publik.


“Sengaja kami baru bisa mengumumkan dan membagikan hadiah pemenang festival ini pada saat pembukaan Porsema, karena memang sambil menunggu partisipasi publik untuk juara favorit di kanal youtube,” ungkapnya.


Ia menjelaskan, bahwa lagu wajib yang dibawakan peserta mungkin sedikit kesulitan karena memang mars Ansor belum begitu populer dikalangan umum. Lain halnya dengan mars Banser yang sudah hampir biasa dinyanyikan oleh para grup Al-Banjari.


“Untuk pemenang sebenarnya kita juga bisa melihat sendiri bagaimana penampilannya, namun pada dasarnya semuanya bagus. Hanya mungkin lagu yang dibawakan sedikit sulit dibawakan karena jarang didengar banyak orang,” jelasnya.


​​​​​​​Syafi'e pun mengatakan, banyaknya grup Al-Banjari di Bawean, baik di pesantren maupun di madrasah, hendaknya dapat terus dikembangkan sebagai ladang dakwah dengan bershalawat.


“Semoga grup-grup Al-Banjari yang ada di Bawean semakin diminati oleh masyarakat,” harapnya.


Berikut ini daftar pemenang festival banjari se-Bawean yang diselenggarakan oleh PC GP Ansor Bawean di Pantai Mombhul pada Sabtu-Senin (28-30/05/2022) lalu. Juara 1 diraih grup Al-Banjari Laatansa Pondok Pesantren An-Nashiriyah Guntung, dan berhak menerima uang pembinaan Rp1.000.000.


Sedangkan Juara 2 diraih grup Al-Banjari MTs Hasan Jufri Kebunagung Lebak, dan berhak memperoleh uang pembinaan Rp750.000. Dan, Juara 3 diraih grup Al-Banjari Syauqul Muhibbin Pondok Pesantren Darussalam Daun, dan berhak menerima uang pembinaan Rp500.000,


​​​​​​​Sementara Juara Favorit diraih oleh MTs Hasan Jufri Lebak dengan jumlah like 7.113 dan penayangan 22.041 di kanal youtube Bawean Viral. Ia pun berhak mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp800.000.


Metropolis Terbaru