• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 10 Desember 2022

Kediri Raya

Sinau Bareng, Cara NU Kota Blitar Asah Kemampuan Dakwah Digital

Sinau Bareng, Cara NU Kota Blitar Asah Kemampuan Dakwah Digital
Kegiatan rutin Sinau Bareng oleh LTNNU Kota Blitar. (Foto: NOJ/ Muhammad Thoha Ma'ruf).
Kegiatan rutin Sinau Bareng oleh LTNNU Kota Blitar. (Foto: NOJ/ Muhammad Thoha Ma'ruf).

Blitar, NU Online Jatim
Pengurus Cabang (PC) Lembaga Ta'lif wan-Nasyr Nahdlatul Ulama (LTNNU) Kota Blitar punya cara tersendiri dalam mengasah kemampuan dakwah digital Nahdliyin. Yakni, dengan menggelar rutinan Sinau Bareng Media Dakwah Digital yang dipusatkan di Aula Kantor PCNU Kota Blitar, Jalan Cisadane, Kelurahan Bendo, Kepanjenkidul, Kota Blitar, Ahad (18/09/2022).


Ketua PC LTNNU Kota Blitar, Abdul Rois menuturkan, kegiatan Sinau Bareng Media Dakwah Digital merupakan cara yang digunakan LTNNU setempat untuk melatih Nahdliyin dalam melakukan dakwah di era digital.


"Salah satu cara untuk mempermudah mengasah kemampuan, yakni melalui pembentukan Komunitas Cyber Nahdlatul Ulama (Kober NU) pada Februari lalu," tuturnya.


Ia menyebutkan, dalam setiap pertemuan Kober NU selalu menetapkan tema berbeda-beda yang dipelajari. Tema itu berkaitan dengan videografi, fotografi, maupun tentang desain grafis.


"Untuk kali ini materi yang dipelajari adalah tentang desain grafis. Kami mengundang banom NU dan sejumlah pesantren di Kota Blitar untuk menjadi peserta," ujarnya.


Sementara itu, Robait Usman selaku pemateri mengatakan, para peserta harus bisa memahami dasar-dasar dalam desain grafis. Sehingga desain yang dihasilkan bisa sesuai tujuan pembuatan desain.


"Peserta minimal bisa mengenal aplikasi pengolahan desain, bisa menerapkan desain yang bagus, serta membuat portofolio desain," kata alumni UIN Maulana Malik Ibrahim Malang itu.


Selain itu, kata pria kelahiran 14 Maret 1988 ini, kemampuan dasar lain yang perlu dipahami oleh seorang desainer adalah tentang tata letak, tipografi, coloring, maupun ruang bidang dan titik.


"Sahabat-sahabat semuanya bisa mencari inspirasi di internet yang sangat banyak, gunanya untuk menambah pandangan. Misalnya melihat di Pinterest maupun Behance," ujarnya.


Dirinya berharap, Nahdliyin di Kota Blitar bisa menguasai kemampuan desain sebagai sarana dakwah digital, agar syiar NU di Kota Blitar bisa terus berkembang.


"Selain itu, siapa tahu juga bisa menjadi pekerjaan sampingan saat punya kemampuan mendesain grafis yang baik," pungkasnya.


Penulis: Muhammad Thoha Ma'ruf


Kediri Raya Terbaru