• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 18 Juni 2024

Keislaman

Baca Doa Ini agar Terlindung dari Pergaulan Jahat

Baca Doa Ini agar Terlindung dari Pergaulan Jahat
Ilustrasi berdoa. (Foto: NU Online)
Ilustrasi berdoa. (Foto: NU Online)

Pergaulan yang baik ialah melaksanakan pergaulan menurut norma-norma kemasyarakatan yang tidak bertentangan dengan hukum syara’, serta memenuhi segala hak yang berhak mendapatkannya masing-masing menurut kadarnya.

 

Agama Islam menyeru dan mengajak kaum Muslimin melakukan pergaulan di antara kaum Muslimin. Karena dengan pergaulan, kita saling berhubungan mengadakan pendekatan satu sama lain.

 

Dalam pergaulan tersebut umat Islam dapat saling mengisi dalam kebutuhan serta dapat mencapai sesuatu yang berguna untuk kemaslahatan masyarakat yang adil dan makmur serta berakhlakul karimah.

 

Di samping itu, kemaslahatan masyarakat yang dilandasi dengan akhlakul karimah tidak akan terwujud, kecuali dengan membangun pergaulan yang bagus dan sehat. Maka, pergaulan jahat merupakan hal yang tidak disarankan.

 

Imam Abdul Wahhab As-Sya’rani menganjurkan kita untuk berlindung dari teman yang lalai agama, tetangga yang usil, dan juga pasangan rumah tangga yang toksik. Imam As-Sya’rani mengutip doa Rasulullah SAW yang berlindung dari teman, tetangga, dan pasangan yang buruk.

 

Doa terseut berbunyi sebagai berikut:

 

اللّٰهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ صَاحِبِ غَفْلَةٍ وَمِنْ جَارِ سُوْءٍ وَمِنْ زَوْجٍ يُؤْذِيْ

 

Allāḥumma innī a‘ūdzu bika min shāhibi ghaflatin wa min jāri sū’in wa min zawjin yu’dzī.

 

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepadamu dari sahabat yang lalai agama, tetangga yang jahat, dan pasangan yang menyakiti,” (Imam Abdul Wahab As-Sya’rani, Tanbihul Mughtarrin, [Semarang, Thaha Putra: tanpa tahun], halaman 29).

 

Doa ini dapat dibaca agar kita dapat dijauhkan oleh Allah dari pengaruh buruk teman, tetangga, dan pasangan rumah tangga toksik dengan pergaulan yang tidak sehat. Wallahu a‘lam.


Keislaman Terbaru