• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 6 Oktober 2022

Keislaman

Berikut Keutamaan Membaca Ayat Kursi

Berikut Keutamaan Membaca Ayat Kursi
Perempuan muslimah membaca Al-Quran (Foto:NOJ/rawpixel)
Perempuan muslimah membaca Al-Quran (Foto:NOJ/rawpixel)

Al-Quran yang diturunkan kepada Nabi Muhammad adalah mukjizat yang tak lekang oleh waktu dan tetap menjadi rujukan umat Islam sepanjang zaman. Terlebih kandungan Al-Quran sarat akan makna, nilai, peringatan, ancaman, janji dan doa. Setiap surat dan ayat memiliki keistimewaan yang bisa dijadikan doa wirid harian, seperti ayat kursi. Berikut ayat tersebut:
 

اللهُ لُآ إِلَـٰهَ إِلَّا هُوَ ٱلْحَىُّ ٱلْقَيُّومُ، لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ، لَهُ مَافِى ٱلسَّمَـٰوَ ٰ تِ وِمَافِى الْأَرْضِ، مَن ذَا ٱلَّذِى يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ
يَعْلَمُ مَابَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَاخَلْفَهُمْ، وَلَايُحِيْطُونَ بِشَىْءٍ مِّنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَاشَآءَ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ ٱلسَّمَـٰوَ ٰ تِ وَٱلْأَرْضِ، وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَاوَهُوَ ٱلْعَلِىُّ ٱلْعَظِيمُ 
 

Artinya: Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) kecuali Dia Yang Hidup kekal lagi selalu mengatur (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Dia Maha Pemilik segala hal yang ada di langit dan di bumi. Siapakah yang bisa memberi syafa’at di sisi-Nya tanpa izin-Nya? Allah mengetahui segala sesuatu yang ada di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apapun dari ilmu Allah kecuali telah dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar. (QS. Al-Baqarah: 255)
 

Ayat Kursi merupakan ayat ke-255 dalam surat Al-Baqarah. Disebutkan dalam kisah Sayyidina Ali bin Abi Thalib mengatakan bahwa ia tidak pernah melihat orang yang memahami Islam dengan baik bisa tidur sebelum membaca ayat Kursi dan ayat-ayat akhir surat Al-Baqarah, karena ayat ini (diturunkan) dari perbendaharaan di bawah Arsy.
 

Dari hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah: X/252 di atas, berhubungan dengan amaliyah yang diajarkan oleh ulama NU. Di mana para kiai mengimbau kepada santri untuk membacanya agar terhindar dari gangguan setan atau dapat dikatakan setan tidak akan mendekat bahkan setan akan lari.
 

Selain itu, jika umat Islam membaca ayat Kursi secara istiqamah setiap shalat wajib, tidak ada menghalanginya masuk surga sebelum datangnya kematian. Abu Umamah menjelaskan bahwa Rasulullah SAW bersabda.
 

مَنْ قَرَأَ آيَةَ الْكُرْسِيِّ دُبُرَكُلِّ صَلَاةٍ مَكْتُوْبَةٍ لَمْ يَمْنَعْهُ مِنْ دُخُوْلِ الْجَنَّةِ إِلَّا أَنْ يَمُوْتَ
 

Artinya : Barang siapa yang membaca Ayat Kursi tiap usia shalat wajib, tidak ada yang menghalanginya masuk surga selain - belum datangnya - kematian. (HR. An-Nasa'i dalam Al-Yaum wa Al-Lailah: 10).
 

Berangkat dari penjelasan di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa Rasulullah mengabarkan kepada umat Islam bahwa ayat Kursi memiliki keistimewaan, antara lain:
 

1. Ayat Kursi adalah ayat teragung di dalam kitab Allah SWT. Sebagaimana dalam kisah Nabi menepuk dada Abu Mundzir dengan kalimat اللّٰهُ لَآ إِلَـٰهَ إِلَّا هُوَ ٱلْحَىُّ ٱلْقَيُّمُ. Kemudian Rasulullah mendoakan Abu Mundzir agar diberi kemudahan ilmu.
 

2. Ayat Kursi merupakan induk semua ayat Al-Qur'an.
 

3. Jika membaca ayat Kursi dan dilanjutkan dengan membaca tiga ayat pertama surat Al-Mu'min pada pagi hari, maka Allah menjaga pembaca tersebut sampai sore. Jika dibaca pada sore hari, maka Allah menjaga pembaca tersebut sampai pagi.
 

4. Jika membaca ayat Kursi menjelang tidur, maka Allah akan menyertakan Malaikat penjaga bagi pembaca sehingga setan tidak dapat mendekatinya sampai pagi.


Keislaman Terbaru