• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 10 Desember 2022

Madura

Konfercab IX, Muslimat NU Sampang Diharap Konsisten Berdakwah

Konfercab IX, Muslimat NU Sampang Diharap Konsisten Berdakwah
Pelaksanaan Konfercab IX Muslimat NU Sampang. (Foto: NOJ/ Fahromi Nashihuddin)
Pelaksanaan Konfercab IX Muslimat NU Sampang. (Foto: NOJ/ Fahromi Nashihuddin)

Sampang, NU Online Jatim
Pimpinan Cabang (PC) Muslimat NU Sampang menggelar Konferensi Cabang (Konfercab) IX di Aula Hotel Camplong, Sampang, Sabtu (23/07/2022). Agenda itu mengusung tema “Menuju Satu Abad Nahdlatul Ulama, Muslimat NU Tetap Berkhidmat dan Berkiprah untuk Kemaslahatan Umat”.


Ketua 4 Pimpinan Wilayah (PW) Muslimat NU Jatim, Hj Yayuk Wahyuningsih saat sambutan menyampaikan, tugas utama kader Muslimat NU adalah meneruskan amanat dari para ulama Ahlussunnah wal Jamaah An-Nahdliyah yang tergabung Nahdlatul Ulama.


“Tugas kita meneruskan dakwah Islamiyah dan melaksanakan amar makruf nahi mungkar. Karena itu, Muslimat NU dari jajaran Pimpinan Cabang, Anak Cabang, Ranting, Anak Ranting, badan khusus dan perangkat lainnya perlu terus diberikan ilmu dan pemahaman tentang amaliyah, akidah, fiqih, hingga tasawuf ala Aswaja,” terangnya.


Dirinya menyebutkan, ada tiga tugas penting yang perlu dilakukan pada gelaran Konfercab tersebut. Pertama, yaitu mengevaluasi kegiatan-kegiatan yang sudah dilakukan di masa kepengurusan sebelumnya.


“Kemudian, pemilihan pengurus berikut pembuatan program baru yang berkualitas. Dan, terakhir rekomendasi kepada pemerintah daerah,” ungkapnya.


Disebutkan, bahwa Konfercab Muslimat NU merupakan perintah Anggaran Dasar (AD) organisasi yang dilakukan 5 tahun sekali. Namun, untuk Muslimat NU Sampang, ada bonus hingga 7 tahun masa kepengurusan yang disebabkan karena pandemi Covid-19.


Tak hanya itu, dirinya mengingatkan agar Konfercab tidak hanya sekedar dijadikan kegiatan rutinan saja, akan tetapi hendaknya dapat mengarah pada peningkatan fungsi dan peran yang nyata.


“Tingkatkan peran dan fungsi konferensi ini sehingga bisa menghasilkan niat, akad, proses, dan sesuatu yang berkualitas,” tegasnya.


Sementara Ketua PC Muslimat NU Sampang, Nyai Hj Nur Kautsar Muhtaram mengucapkan syukur alhamdulillah karena telah menyelesaikan tugasnya sebagai pimpinan Muslimat NU setempat masa khidmat 2015-2022. Meski berbagai upaya yang dilakukan demi organisasi masih cukup jauh dari kata sempurna.


“Tetapi kami berprinsip, perjuangan tidak harus menjadi ketua. Semua kader Muslimat NU yang merasa terpanggil jiwanya, mengabdi di Nahdlatul Ulama. Menjadi apa saja tetap berkhidmat di Nahdlatul Ulama,” ucapnya.


Nyai Kautsar pun mengucapkan terima kasih kepada PW Muslimat NU Jatim yang telah banyak memberikan bimbingan. Selain itu, ia juga mengucapkan terima kasih kepada semua pengurus Muslimat NU, mulai dari Pimpinan Anak Cabang (PAC) hingga Pimpinan Anak Ranting (PAR) atas segala khidmat yang diberikan.


“Mudah-mudahan segala kerja keras dan pengabdian yang diberikan selama ini dicatat sebagai amal kebaikan untuk bekal setelah kita di akhirat nanti,” pungkasnya.


Diketahui, kegiatan tersebut juga dihadiri Rais PCNU Sampang KH Syafiuddin Abdul Wahid dan Ketua PCNU Sampang KH Moh Itqan Bushiri. Selain itu, hadir pula ratusan kader Muslimat NU se-Kabupaten Sampang.


Madura Terbaru