• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 10 Desember 2022

Madura

LTNNU Jatim Sosialisasi Pelatihan Kader Literasi di Zona Madura

LTNNU Jatim Sosialisasi Pelatihan Kader Literasi di Zona Madura
Pelatihan Kader Literasi oleh PW LTNNU Jatim beberapa waktu lalu. (Foto: Istimewa)
Pelatihan Kader Literasi oleh PW LTNNU Jatim beberapa waktu lalu. (Foto: Istimewa)

Sumenep, NU Online Jatim
Pengurus Wilayah (PW) Lembaga Ta'lif wan-Nasyr Nahdlatul Ulama (LTNNU) Jawa Timur melakukan kunjungan ke sejumlah LTNNU kabupaten/kota di Madura, termasuk di Sumenep pada Sabtu (01/10/2022). Agenda itu dalam rangka sosialisasi dan koordinasi program kerja, khususnya Pelatihan Kader Literasi (PKL) yang bakal dihelat November mendatang.


"Kegiatan ini tidak hanya melibatkan seluruh pengurus LTNNU se-Madura, tetapi perguruan tinggi yang berafiliasi NU," ujar Mukani, Ketua Literacy Center PW LTNNU Jatim.


Ia mengatakan, dalam pelatihan tersebut seluruh peserta akan dibimbing oleh mentor berpengalaman. Peserta akan digembleng untuk menulis tentang kiai-kiai NU di masing-masing kabupaten, baik yang sudah wafat atau masih hidup yang memiliki peran besar pada jamiyah.


"Minimal kriteria biografi tokoh NU yang ditulis oleh peserta adalah kiai kampung. Namun, tokoh itu jelas kontribusinya pada jamiyah, masyarakat, dan negara. Untuk penjelasan kriteria dan ketentuan penulisan akan disampaikan saat sesi materi ruang," terangnya.


Setelah mengikuti pelatihan itu, lanjutnya, ada Rencana Tindak Lanjut (RTL) yang harus diselesaikan sesuai deadline dan dibimbing oleh mentor. “Perkiraan RTL-nya selama setengah bulan,” ungkapnya.


Dirinya menyebutkan, bahwa karya tersebut nantinya akan dibentuk antologi buku yang akan diterbitkan oleh LTNNU Jatim. Jasa kiai yang dikenang dalam bentuk tulisan itu kelak akan disempurnakan lagi oleh generasi selanjutnya.


“Artinya, dengan karya tersebut masyarakat bisa meneladani tokoh-tokoh yang tertera dalam antologi buku tersebut,” pungkasnya.


Usai bersilaturahim dengan PC LTNNU Sumenep, rombongan dari PW LTNNU Jatim melanjutkan ziarah kubur ke Asta Tinggi, sebuah kompleks pemakaman raja-raja Sumenep.


Madura Terbaru