• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 7 Februari 2023

Madura

Rela Diguyur Hujan, Kader IPNU di Sampang Galang Dana Peduli Gempa Cianjur

Rela Diguyur Hujan, Kader IPNU di Sampang Galang Dana Peduli Gempa Cianjur
Hasbullah, kader IPNU di Sampang yang video viral karena menggalang dana saat hujan untuk korban gempa cianjur. (Foto: NOJ/ Tangkap layar)
Hasbullah, kader IPNU di Sampang yang video viral karena menggalang dana saat hujan untuk korban gempa cianjur. (Foto: NOJ/ Tangkap layar)

Sampang, NU Online Jatim
Musibah gempa bumi di Cianjur memantik empati sejumlah kalangan. Bahkan, berbagai cara dilakukan untuk menunjukkan kepeduliannya kepada korban terdampak. Seperti yang dilakukan Hasbullah, seorang kader pelajar NU di Sampang yang rela diguyur hujan demi menggalang donasi untuk korban gempa bumi di Cianjur, Ahad (04/12/2022).


Video Hasbullah viral di jagat maya belakangan ini berkat aksi kepeduliannya tersebut. Meski hujan deras mengguyur, remaja ini tetap menggalang donasi di perempatan Jalan Barisan Indah Sampang. Dalam video berdurasi 26 detik itu, ia tetap semangat menggalang dana dengan memegang kardus bertuliskan ‘Penggalangan Dana Peduli Korban Gempa Cianjur’.


Menurut data yang dihimpun NU Online Jatim, remaja berusia 16 tahun tersebut merupakan salah satu kader Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Sreseh, Sampang. Dalam video berlatar lagu Sore Tugu Pancoran cipta Iwan Fals itu, Hasbullah nampak tulus menggalang dana, seolah tidak khawatir kopiah hitam yang ia kenakan rusak terkena hujan.


Ketua Pimpinan Cabang (PC) IPNU Sampang, Abdur Rohman membenarkan remaja penggalang dana dalam video viral tersebut adalah salah satu kader PAC IPNU Sreseh. Menurutnya, Hasbullah merupakan santri di Pondok Pesantren Raudlatul Ulum Arrohmaniyah Sreseh Sampang.


Namun, ia tidak menceritakan secara detail tentang Hasbullah karena keterbatasan komunikasi. "Yang bersangkutan ada di pesantren, jadi tidak bisa dihubungi untuk dimintai keterangan. Tapi benar, ia merupakan kader IPNU di Sampang," terangnya.


Rohman menjelaskan, penggalangan dana yang dilakukan IPNU-IPPNU Sampang Peduli ini bertujuan untuk membantu korban gempa bumi di Cianjur. Menurutnya, hasil penggalangan dana tersebut akan disalurkan melalui Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Sampang.


"Kegiatan ini sebagai implementasi dari tujuan IPNU-IPPNU, bahwa IPNU-IPPNU harus bersentuhan langsung dengan masyarakat," paparnya.


Dijelaskan, teknis pelaksanaan penggalangan dana yang dilakukan IPNU-IPPNU Sampang sama seperti penggalangan dana yang dilakukan organisasi-organisasi lain pada umumnya, yakni bergerak di sejumlah titik keramaian.


"Kami mengambil beberapa titik lampu merah di Sampang, dan kami juga terjun ke pasar-pasar. Penggalangan dana kemarin, kami berhasil mengumpukan Rp3.420.000. Semoga ini dapat membantu meringankan beban korban yang terdampak gempa bumi di Cianjur,” tandasnya.


Madura Terbaru