• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 29 September 2022

Malang Raya

IPNU-IPPNU Kota Malang Gelar Latin dan Latpel Perdana

IPNU-IPPNU Kota Malang Gelar Latin dan Latpel Perdana
Pelaksanaan Latin dan Latpel PC IPNU IPPNU Kota Malang. (Foto: IPNU-IPPNU Kota Malang)
Pelaksanaan Latin dan Latpel PC IPNU IPPNU Kota Malang. (Foto: IPNU-IPPNU Kota Malang)

Malang, NU Online Jatim 

Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdatul Ulama (IPPNU) menggelar Latihan Instruktur (Latin) dan Latihan Pelatihan (Latpel) sejak Kamis hingga Ahad (28-31/07/2022). Kegiatan bertajuk 'Revitalisasi Peran Kaderisasi dalam Meningkatkan Mutu Organisasi di Era Disrupsi' dilaksanakan di IKIP Budi Utomo, Kota Malang.


Ketua PC IPNU Kota Malang, Ilman Ardhy Chalim mengatakan bahwa Latin dan Latpel terselenggara sebagai upaya pembenahan intelektualitas kaderisasi, mindset kaderisasi, serta keberlanjutan organisasi di masa mendatang.


"Upaya kami yakni menyelenggarakan Latin dan Latpel, yang kemudian diharapkan dapat melahirkan dan menghasilkan kader-kader terbaik dalam melanjutkan estafet organisasi," kata Ilman, Senin (01/08/2022).


Ia juga menyampaikan bahwa kader-kader terbaik hasil dari kegiatan ini nantinya akan dimandatkan kepada periode selanjutnya. Guna merawat instruktur dan pelatih yang sudah dibentuk dalam Latin dan Latpel pertama ini.


"Jika dibutuhkan, maka segera lakukan Latin dan Latpel selanjutnya, untuk terus melakukan peremajaan kader," tambahnya.


Sementara itu, Steering Committee Latin dan Latpel, Nadhirotul Ulfa, menyampaikan bahwa Latin dan Latpel ini merupakan kebutuhan PC IPNU-IPPNU Kota Malang.


"Sebelumnya, kami sudah berikhtiar untuk mengikuti Latin dan Latpel di beberapa tempat seperti halnya di Babat, Situbondo, Nganjuk, Kediri, dan lain sebagainya," tutur Nadhirotul Ulfa.


Dirinya juga menjelaskan dari beberapa ikhtiar tersebut membuahkan sejumlah kader yang bisa memompa kader lainnya untuk mengikuti Latin dan Latpel kali ini.


"Kalau Latin IPNU ada Rekan Aziz, Rekan Khuluq, Rekan Yoga, dan Rekan Bahrom. Sedangkan, untuk Latpel IPPNU sudah ada saya (Ulfa), Rekanita Marta, dan Rekanita Rosa. Alhamdulillah, untuk Latin dan Latpel kali ini diikuti 24 peserta dengan rincian khusus kader Kota Malang sejumlah 19 peserta dan sisanya dari delegasi cabang lain," tambahnya.


Senada dengan Ulfa, Steering Committee Latin dan Latpel, M Nur Aziz, berharap seusai Latin dan Latpel digelar, seluruh peserta dapat mengawal kaderisasi, pemetaan kader di daerahnya masing-masing.


"Karena ini perdana, jadi ikhtiar kita semaksimal mungkin, kalau baik, maka harus dilanjutkan. Alhamdulillah, kegiatan ini diikuti 5 PAC dan 4 PKPT dalam naungan PC IPNU IPPNU Kota Malang," ucapnya.


Editor:

Malang Raya Terbaru