• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 6 Oktober 2022

Malang Raya

Wali Kota Batu Bagikan Trofi dan Penghargaan di Puncak Hari Santri 

Wali Kota Batu Bagikan Trofi dan Penghargaan di Puncak Hari Santri 
Santri berprestasi menerima penghargaan dan trofi dari Wali Kota Batu. (Foto: NOJ/Yanwar Setiyo Putra)
Santri berprestasi menerima penghargaan dan trofi dari Wali Kota Batu. (Foto: NOJ/Yanwar Setiyo Putra)

Batu, NU Online Jatim
Apel peringatan Hari Santri 2021 yang digelar di jalan Gajah Mada keluarahan Sisir, Kecamatan Batu, Kota Batu dimeriahkan pemberian penghargaan kepada santri berprestasi. Mereka merupakan pemenang dari berbagai lomba yang digelar dengan menerima trofi dan penghargaan.

 

"Selamat kepada anak-anakku, para santri yang berprestasi," kata Wali Kota Batu, Hj Dewanti Rumpoko, Jumat (22/10).

 

Menurutnya, keberhasilan para santri yang berprestasi tidak lepas dari peran lembaga Pendidikan yang ada.

 

"Pesantren itu tidak hanya mengembangkan fungsi pendidikan, tetapi juga fungsi dakwah dan pemberdayaan masyarakat," katanya. 

 

Oleh karenanya tidak heran jika pemerintah mengeluarkan undang-undang yang secara khusus mengatur tentang pesantren (UU No 18 tahun 2019) dan Peraturan Presiden tentang pendanaan penyelenggaraan pesantren (Perpres No 82 tahun 2021).

 

"Peraturan-peraturan tersebut dimaksudkan untuk memberikan fasilitas dalam upaya peningjatan kualitas SDM pendidikan di pesantren," jelasnya. 

 

Pada kesempatan tersebut, Wali Kota Batu mengingatkan santri untuk terus maju, berprestasi, dan tumbuhkan rasa cinta Tanah Air. Hal itu untuk mencegah masuknya ancaman ideologi yang merusak persatuan dan kesatuan.

 

"Untuk itu, mari kita mendoakan para pahlawan dari kalangan kiai, santri dan ulama yang telah syahid di medan perang demi kemaslahatan agama dan negara, yang kita teladani sampai hari ini untuk terus maju dan berprestasi," ajaknya.

 

Sedangkan cabang lomba di antaranya musabaqoh qiraatul kutub putra, musabaqih qiraatul kutub putri, musabaqah tilawatil Qur'an putra. Ada juga musabaqah tilawatil Qur'an putri, pencak silat Pagar Nusa Santri Cup 1 (seni tunggal putra pra remaja, seni tunggal putri pra remaja, seni tunggal putra remaja, seni tunggal putri remaja). Termasuk lomba menghafal biografi hadratussyaikh Hasyim Asy'ari (jenjang SD/MI dan jenjang SMP/MTs).

 

Penulis: Yanwar Setiyo Putra


Editor:

Malang Raya Terbaru