• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 9 Agustus 2022

Matraman

Ambulans LAZISNU Nganjuk Layani Umat Hingga ke Luar Jawa

Ambulans LAZISNU Nganjuk Layani Umat Hingga ke Luar Jawa
Ambulans LAZISNU Nganjuk saat mengantar jenazah asal Riau. (Foto: NOJ/Haafidh Nur Siddiq Yusuf)
Ambulans LAZISNU Nganjuk saat mengantar jenazah asal Riau. (Foto: NOJ/Haafidh Nur Siddiq Yusuf)

Nganjuk, NU Online Jatim

Selain untuk membantu masyarakat mengakses fasilitas kesehatan, ambulans NU Care- Lembaga Amil Zakat, Infak dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Nganjuk juga melayani antar jenazah mulai dari antar kota bahkan luar Jawa sekalipun.


Seperti pada Senin (07/03/2022), mobil ambulans NU Care-LAZISNU Nganjuk mengantar jenazah dari Rumah Sakit Umum Daerah Nganjuk menuju ke Pekanbaru-Riau.


“Almarhum asli dari Riau dan diketahui bekerja di Nganjuk. Selama perjalanan ada keluarga yang mendampingi, yaitu kedua orang tua dan kakaknya,” terang Abi Hidayat, sopir ambulans LAZISNU Nganjuk saat dihubungi NU Online Jatim.


Dayat mengatakan, pihaknya dihubungi oleh keluarga jenazah untuk mengantarkan ke rumah duka dikarenakan ambulans dari RSUD Nganjuk dan ambulans swasta lain tidak bisa mengantarkan mengingat jarak tempuh yang jauh.


“Ada tiga driver yang ikut, salah satu dari mereka membawa mobil keluarga jenazah. Ini adalah panggilan kemanusiaan,” terangnya.​​​​​​​


Driver yang juga aktif di Barisan Ansor Serbaguna (Banser) ini mengungkapkan, perjalanan ditempuh via tol dan tidak mendapati kendala apa pun selama perjalanan. Ia dan rombongan terpantau oleh relawan Komunitas Ambulance Nusantara.


Diketahui, Komunitas Ambulance Nusantara dan Lintas Ambulance Indonesia adalah sebuah komunitas yang terdiri dari relawan driver ambulans, pengawal ambulans, dan ojek online.


“Kami selalu berkoordinasi apabila ambulans yang melintas diluar wilayah dan selalu memantau jika ada ambulans yang membutuhkan pengawalan ataupun ada kendala,” sambungnya.


Lebih lanjut, Dayat menginformasikan kepada masyarakat  jika membutuhkan bantuan untuk menghubungi menghubungi driver mobil ambulans LAZISNU Nganjuk melalui nomor WhatsApp 823-3493-0949.


“Untuk layanan di wilayah Kabupaten Nganjuk tidak berbayar, kalau di luar kota biayanya di bawah standar ambulans lainnya, yang jelas dari kami tidak membuka tarif,” ujarnya.


Terpisah, Moch Masyhuri selaku Ketua NU Care-LAZISNU Nganjuk menuturkan, tak jarang biaya pengantaran jenazah terutama ke luar daerah tergolong tingi sehingga kerap menyulitkan masyarakat kecil. Karenanya, LAZISNU Nganjuk memberikan layanan pengantaran jenazah terjangkau untuk meringankan beban masyarakat.


“Ambulans LAZISNU Nganjuk memberikan pelayanan cepat, tanggap dan efisien untuk masyarakat serta akan digratiskan untuk keluarga tidak mampu. Mari berdonasi dalam pelayanan ambulans gratis untuk dhuafa,” pungkasnya.


Penulis: Diana Elfiyanfi Afifa


Matraman Terbaru