• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 26 September 2022

Matraman

Diajak Mandiri, Seribu Pelajar MTs Babussalam Jombang Ikuti Makesta

Diajak Mandiri, Seribu Pelajar MTs Babussalam Jombang Ikuti Makesta
Seribu siswa dan siswi MTs Babussalam, Kalibening, Mojoagung, Jombang mengikuti Makesta. 
Seribu siswa dan siswi MTs Babussalam, Kalibening, Mojoagung, Jombang mengikuti Makesta. 

Jombang, NU Online Jatim
Prestasi membanggakan ditolehkan Madrasah Tsanawiyah Babussalam, Kalibening, Mojoagung, Jombang. Karena pada Selasa hingga Kamis (05/-07/2022) lalu berhasil menyelenggarakan Masa Kesetiaan Anggota atau Makesta. 


Yang istimewa, kaderisasi awal bagi pelajar untuk diakui sebagai anggota Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatanan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) tersebut yang diikuti seribu kader dari madrasah setempat.


“Karena keterbatasan waktu dan peserta adalah santri di Pondok Pesantren Babussalam yang memiliki kegiatan khusus, maka kegiatan ini dilaksanakan tanpa bermalam melainkan mulai pukul 08.00 hingga 12.00 WIB,” kata Kepala MTs Babussalam, Isa Mansur, Jumat (08/07/2022).


Disampaikannya bahwa tujuan madrasah menyelenggarakan kegiatan ini adalah memberikan penguatan kepada peserta dalam menghadapi banyaknya akidah dan paham menyeleweng dari paham Ahlussunnah Wal Jama’ah. 


“Karena siswa di madrasah ini masih anak-anak, sebelum tertanamkan akidah dan paham lain, maka Makesta ini diharap bisa sebagai pengawal dan pondasi ideologi,” ungkapnya.


Dirinya berharap peserta didik kelak menjadi kader mandiri dalam melangkah ke depan dan tidak ragu pada NU. 


“Kegiatan juga mengenalkan siswa tentang IPNU-IPPNU, memberikan pemahaman tentang pentingnya berorganisasi, dan mengajarkan tentang kepemimpinan,” ungkapmnya. 


“Tujuan diselenggarakannya Makesta ini agar para pelajar bisa mengenal IPNU-IPPNU dan juga mampu berorganisaasi dengan baik,” kata Ketua IPPNU MTs Babussalam, Jasmine Nur Amalasari.


Harapan berikutnya dikemukakan Jefri Febrian selakun Ketua IPNU MTs Babussalam. Yakni agar setelah mengikuti kegiatan ini, mereka mendapatkan bekal berorganisasi di IPNU-IPPNU.


Dikemukakan bahwa Makesta merupakan jenjang kaderisasi formal pertama dalam organisasi IPNU IPPNU. Dan hal ini pertama kali diselenggarakan untuk seluruh siswa MTs Babussalam sehingga peserta yang terdiri dari siswa madrasah ini sangat antusias mengikuti acara tersebut. 


Untuk menambah semangat dan antusias peserta, panitia mengambil pemateri dari luar madrasah untuk mengisi kegiatan tersebut. Mereka antara lain dari Pimpinan Cabang (PC) IPNU IPPNU Kabupaten Jombang.

 

Penulis: Arizka Rohmawati


Editor:

Matraman Terbaru